Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bukan karena Penuh, Ini Penyebab Lampu Seluruh Kamar Wisma Atlet Menyala

Menyalanya seluruh lampu kamar di Wisma Altet , Jakarta itu bukan berarti kamar-kamar telah dipenuhi oleh pasien Covid-19.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 11 September 2020  |  17:24 WIB
Seluruh lampu kamar di Wisma Atlet Kemayoran yang menyala membuat heboh. warganet yang khawatir kapasitas bangunan Rumah Sakit Darurat Covid-19 itu sudah penuh - Twitter - @mazzini_gsp
Seluruh lampu kamar di Wisma Atlet Kemayoran yang menyala membuat heboh. warganet yang khawatir kapasitas bangunan Rumah Sakit Darurat Covid-19 itu sudah penuh - Twitter - @mazzini_gsp

Bisnis.com, JAKARTA – Foto Wisma Atlet, Kemayoran Jakarta dengan semua lampu kamar yang menyala sempat menimbulkan kehebohan. Banyak yang berspekulasi bahwa hal itu menunjukkan seluruh kamar di fasilitas tersebut telah dipenuhi oleh pasien Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Tim Satgas Penanganan Covid-19 Suryopratomo menyatakan bahwa menyalanya seluruh lampu kamar di Wisma Altet itu bukan berarti kamar-kamar telah dipenuhi oleh pasien Covid-19.

“Wisma Atlet sudah hampir dua tahun tidak dipakai listrik dan airnya, perlu perbaikan. Lampu dinyalakan supaya yakin sudah siap untuk menerima pasien isolasi mandiri,” kata Suryopratomo, Jumat (11/9/2020). 

Dia menyatakan bahwa saat ini memang tengah dilakukan persiapan untuk pemanfaatan tower 4 dan 5 di Wisma Atlet yang telah difungsikan sebagai rumah sakit darurat (RSD). Saat ini, baru tower 6 dan 7 yang telah digunakan untuk penanganan pasien Covid-19 

“Nyala itu bukan berarti penuh. Jadi, dinyalakan untuk mengetes apakah aliran lsitriknya sudah bisa diandalkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan pembukaan tower 4 dan 5 sebenarnya ditargetkan dapat dilakukan pada 8 September 2020. Namun, hal itu terpaksa ditunda karena menunggu kesiapan listrik dan air. 

Tower 4 dan 5 rencananya akan digunakan untuk pasien Covid-19 yang tidak mampu melakukan isolasi mandiri di tempat tinggalnya. Fasilitas ini juga akan digunakan untuk pasien positif yang bandel dan tidak disiplin melakukan isolasi mandiri. 

Dengan rencana pembukaan tower 4 dan 5, maka Jakarta nantinya akan memiliki tambahan 4.500 tempat tidur cadangan untuk pasien Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona WISMA ATLET covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top