Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Waduh! Harta Orang-Orang Terkaya di Dunia Amblas Rp845 Triliun Sepekan

Kerugian tersebut dialami menyusul pelemahan saham-saham sektor teknologi pekan lalu.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 07 September 2020  |  15:38 WIB
Pendiri dan CEO Amazon.com Inc. Jeff Bezos - Bloomberg
Pendiri dan CEO Amazon.com Inc. Jeff Bezos - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah orang terkaya di dunia menderita kerugian hingga US$57,2 miliar atau sekitar Rp845 triliun pekan lalu.

Kerugian tersebut dialami menyusul pelemahan saham-saham sektor teknologi pekan lalu, yang sekaligus menyeret bursa saham AS bulan karena kekhawatiran investor mengenai valuasi saham yang berlebihan.

Kerugian terbesar dialami oleh pendiri Amazon.com Inc. Jeff Bezos. Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, harta orang terkaya di dunia ini amblas US$13 miliar (Rp192 triliun) karena saham raksasa e-commerce tersebut anjlok 3,15 persen sepanjang pekan lalu.

Padahal, Jeff Bezos baru saja menyentuh tonggak sejarah orang terkaya dengan jumlah harta mencapai US$207 miliar (Rp3.059 triliun) pada Rabu (2/9/2020). Namun, kekayaan Jeff langsung turun hingga menyentuh US$194 miliar pada Jumat.

Menyusul di belakang Jeff Bezos, kekayaan Mark Zuckerberg juga anjlok hingga US$7 miliar (Rp103 triliun) dari US$114 miliar menuju US$107 miliar pada Jumat pekan lalu.

Selain itu, kekayaan Elon Musk turun US$6,5 miliar (Rp96,1 triliun) karena Tesla Inc. mendekati wilayah pasar bearish menyusul penurunan di hari ketiga berturut-turut. Adapun kekayaan orang ter’sugih’ nomor dua, Bill Gates, juga anjlok US$4 miliar (Rp59 triliun).

Selain empat orang terkaya di dunia tersebut, sejumlah nama di sektor teknologi yang termasuk dalam 20 besar orang terkaya menurut Bloomberg Billionaire Index juga mengalami penyusutan kekayaan.

Steve Ballmer mencatat penurunan harta hingga US$5,9 miliar (Rp87,2 triliun) pekan lalu, sedangkan Larry Page turun US$5,6 miliar (Rp82,8 triliun) dan Sergei Brin turun US$5,5 miliar (Rp81,3 triliun). Lainnya, harta Larry Ellison turun US$3,4 miliar (Rp50,2 triliun), sedangkan kekayaan Mackenzie Scott dan Jack Ma turun masing-masing US$4,6 miliar (Rp68 triliun) dan US$1,7 miliar (Rp25,1 triliun).

Sebelumnya, sejumlah orang terkaya di dunia ini menikmati peningkatan luar biasa dalam sebulan terakhir, bahkan ketika pandemi virus corona menekan perekonomian di seluruh dunia.

Elon Musk dan Mark Zuckerberg resmi masuk dalam klub centibillionaires, dengan kekayaan keduanya meningkat lebih dari US$4 miliar dalam sehari karena melonjaknya saham Tesla dan Facebook Inc.

Investor berbondong masuk ke dalam saham teknologi tahun ini karena produk perusahaan diuntungkan oleh konsumen yang terkurung di rumah akibat pembatasan penyebaran virus corona.

Bahkan setelah pelemahan saham pada hari Kamis pekan lalu, 500 orang terkaya di dunia masih tercatat menambahkan kekayaan senilai US$830 miliar tahun ini.

Peraih keuntungan terbesar masih dipegang oleh Jeff Bezos yang mengumpulkan US$83 miliar sepanjang 2020, disusul Elon Musk yang kekayaannya bersihnya melonjak hampir US$69 miliar tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bill gates jeff bezos Mark Zuckerberg
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top