Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terbang Terbawa Layang-Layang Naga, Remaja ini Jatuh Terluka

Layang-layang naga sepanjang 50 menyeret terbang seorang remaja setinggi 3 meter di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang kemudian jatuh setelah tali layang-layangnya putus.
Ilustrasi. /Bisnis-Dwi Prasetya
Ilustrasi. /Bisnis-Dwi Prasetya

Bisnis.com, BANTUL - Layang-layang naga sepanjang 50 menyeret terbang seorang remaja setinggi 3 meter di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang kemudian jatuh setelah tali layang-layangnya putus.

Nasib nahas menimpa remaja bernama Alfian Nabil, 14, warga Dusun Mayungan I, Desa Murtigading, Kecamatan Sanden itu. Remaja yang masih duduk di bangku sekolah kelas II sekolah menengah pertama (SMP) itu terbawa terbang layang-layang yang diterbangkannya, kemudian jatuh dan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Kepala Dusun Mayungan I, Marjana mengatakan, peristiwa nahas itu terjadi pada Jumat (4/9/2020) siang, pekan lalu. Saat itu korban bersama sejumlah remaja dusun setempat akan menerbangkan layang-layang besar berbentuk naga, di lapangan Murtigading, sekitar pukul 13.30 WIB.

Layang-layang yang dibuat banyak orang itu panjangnya sekitar 50 meter dan siap diterbangkan oleh korban dan teman-temannya. Namun saat percobaan penerbangan ada angin kencang di lokasi kejadian sehingga layangan itu membawa korban terbang.

Simak peristiwa tragis itu melalui akun Instagram @infocegatansolo berikut ini.

“Sebenarnya masih percobaan bisa terbang atau tidak, ternyata bisa terbang dan Mas Nabil yang sendirian memegang talinya langsung terbawa terbang,” kata Marjana, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (6/9/2020).

Menurut Marjana, korban terbawa terbang sampai setinggi lebih kurang tiga meter. Setelah itu, tali untuk menerbangkan layangan yang dipegang korban putus sehingga korban terjatuh ke tanah. Akibatnya korban mengalami luka di pergelangan tangan dan bagian pinggul, kemudian langsung dilarikan ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul.

“Sampai saat ini [Minggu] korban masih opname di PKU Muhammadiyah Bantul, karena luka di pergelangan tangan dan tulang pinggul” ucap Marjana.

Lebih lanjut ia mengatakan saat ini di dusunnya dan beberapa dusun di Desa Murtigading sedang ramai layang-layang. Bahkan di beberapa dusun lainnya sudah menggelar festival layang-layang dengan berbagai kreasi. Sejumlah remaja di dusunnya juga membuat layang-layang berbagai jenis dan berbagai ukuran, “Termasuk layang-layang naga yang diterbangkan mas Nabil itu sebenarnya harusnya dipegang banyak orang karena berat. Waktu tu memang baru percobaan,” ungkap Marjana.

Kapolsek Sanden, AKP Tukirin mengatakan peristiwa yang menimpa Alfian Nabil merupakan kecelakaan pribadi saat akan menerbangkan layang-layang.

Sebelumnya, Kepala Satpol PP Bantul, Yulius juga dipusingkan dengan maraknya pemain layang-layang di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) khususnya di wilayah Kecamatan Sanden dan Kretek. Bukan sekedar hobi, namun banyaknya pemain layang-layang membuat kemacetan dan kerumunan tanpa memperatikan protokol kesehatan Coronavirus Disease atau Covid-19.

Menurut Yulius keramaian adanya layang-layang di JJLS sudah terjadi sejak Juni lalu. “Rencana kami akan berkoordinasi dengan Pak Bupati, untuk memohon petunjuk dan langkah mengatasinya. Bisa saja kami bubarkan, jika memang menimbulkan kerumunan dan potensi untuk penularan Covid-19,” kata Yulius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ujang Hasanudin
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper