Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Elite TNI-Polri Kompak, DPR Soroti Konflik di Level Prajurit

Penyerangan ke Polres Ciracas menunjukkan pentingnya menjaga hubungan baik antara TNI dan Polri sehingga peristiwa serupa tidak terulang lagi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Agustus 2020  |  09:49 WIB
Tangkapan layar fasilitas di Mapolsek Ciracas, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, terbakar, Sabtu (29/8/2020). - Antara
Tangkapan layar fasilitas di Mapolsek Ciracas, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, terbakar, Sabtu (29/8/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus penyerangan terhadap Mapolsek Ciracas, di Jakarta Timur, Sabtu (29/8/2020) dinilai bertolak belakang dengan kekompakan di kalangan elite TNI dan Polri.

Kasus tersebut menunjukkan pentingnya menjaga hubungan baik antara TNI dan Polri sehingga peristiwa di Polsek Ciracas tidak terulang lagi.

Terlebih, kasus tersebut telah mengganggu kenyamanan dan keamanan masyarakat.

"Kasus perusakan Mapolsek Ciracas harus menjadi pelajaran bagi prajurit TNI dan anggota Polri. Panglima TNI dan Kapolri saja kompak dan selalu bersama. Masa (jajaran) yang di bawahnya tidak?" tutur Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono.

Dave meminta seluruh jajaran TNI-Polri mencontoh kekompakan dan kebersamaan yang ditunjukkan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

"Hubungan TNI dan Polri kalau kita lihat di [tingkat] elitenya, baik Panglima TNI, Kasad maupun Pangdam itu semua baik, termasuk Panglima TNI dan Kapolri ke mana-mana selalu bersama," kata Dave melalui siaran pers, Jakarta, Senin (31/8/2020).

Menurut dia, momentum kebersamaan antara petinggi TNI dan Polri itu telah banyak diperlihatkan dalam berbagai kesempatan.

"Terbaru, keduanya kompak saat kunjungan kerja di Jayapura, Papua, Sabtu (29/8). Salah satu agendanya adalah melepas Satuan Tugas (Satgas) Covid-19," katanya.

Pada kesempatan itu, Panglima TNI dan Kapolri menginstruksikan kepada tim Satgas Covid-19 yang merupakan gabungan dari prajurit TNI-Polri untuk lebih mendisiplinkan dan mematuhi protokol kesehatan.

"Meskipun para petinggi institusi menunjukkan persahabatan yang erat, namun di tingkat bawah kerap terjadi konflik antarinstitusi sehingga perlu dilakukan kajian ulang terhadap doktrin yang diajarkan di masing-masing institusi, baik TNI maupun Polri," katanya.

Dia menyarankan para personel di masing-masing wilayah untuk meningkatkan hubungan kedua pihak melalui kegiatan patroli bersama atau kegiatan lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciracas polsek

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top