Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Indonesia Dorong Negosiasi Ulang Palestina dan Israel

Indonesia mendorong dimulainya kembali proses diplomasi dan negosiasi, khususnya antar pihak terkait di kawasan.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  18:51 WIB
Menlu Retno Marsudi saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait larangan sementara berkunjung ke Arab Saudi - Bisnis/Muhammad Khadafi
Menlu Retno Marsudi saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait larangan sementara berkunjung ke Arab Saudi - Bisnis/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia mendorong dilakukannya negosiasi kembali antara Palestina dan Israel untuk mencapai solusi perdamaian.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam press briefing, Kamis (27/8/2020). Upaya tersebut disampaikan dalam Presidensi Dewan Keamanan (DK) PBB secara virtual terkait Perkembangan di Timur Tengah pada 25 Agustus 2020.

Dia mengatakan Indonesia konsisten mendorong masyarakat internasional menolak aneksasi illegal terhadap Palestina.

"Dalam pertemuan tersebut Indonesia mendorong dimulainya kembali proses diplomasi dan negosiasi, khususnya antar pihak terkait di kawasan," ungkapnya.

Retno menggaris bawahi bahwa hal terpenting bagi Palestina adalah solusi yang adil, damai, dan komprehensif.

"Saya sangat senang melihat suara Indonesia tersebut didukung oleh mayoritas negara anggota DK PBB," tuturnya.

Dalam pertemuan yang sama, anggota DK PBB turut mendukung penyelesaian konflik Israel – Palestina berdasarkan solusi dua negara dan parameter internasional yang berlaku.

Dikutip dari Aljazeera, saat ini kondisi keamanan di Palestina terus bergejolak meski rencana aneksasi Israel ke wilayah Tepi Barat tidak terealisasi pada 1 Juli 2020. Saat ini, wilayah Gaza tengah menghadapi situasi sulit setelah Israel memutus suplai bahan bakar.

Hal tersebut mengakibatkan aliran listrik terhambat, bahkan listrik hanya hidup 4 jam dalam sehari. Kondisi tersebut dikhawatirkan membahayakan penanganan kesehatan di rumah sakit mengingat Gaza kembali menerapkan lockdown setelah kasus Covid-19 kembali muncul.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palestina israel retno marsudi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top