Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Nadiem Makarim Beberkan Alasan Kembali Aktif di Sosial Media

Mendikbud Nadiem Makarim memastikan bahwa akun media sosialnya dikelola sendiri olehnya.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  14:37 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. - Istimewa
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah kembali menggunakan sosial media dengan membuat akun baru Instagram @nadiemmakarim.

Dia pun mengungkapkan alasannya kembali menggunakan sosial media kepada Deddy Corbuzier dalam sebuah unggahan di akunnya tersebut.

"Setelah menjadi pejabat publik, apalagi dimasa krisis ini, saya ini perlu mendengar langsung dari masyarakat situasi real-nya itu seperti apa [dari kebijakan yang telah diambilnya]," kata Nadiem dalam Instagram Live yang diunggah di akun @nadiemmakarim, Rabu (26/8/2020).

Dia pun mengaku siap menerima masukan atau kritikan terkait kebijakan yang dibuatnya, dan bahkan hujatan sekalipun.

Selain itu, jika beberapa akun sosial media pejabat publik lain dikelola oleh stafnya, Nadiem memastikan bahwa akun media sosialnya dikelola sendiri olehnya.

Walhasil, lanjutnya, semua konten atau unggahan dan komentar yang dilayangkan melalui akun pribadinya, pertama-tama adalah hasil pikiran sebagai pribadi alias bukan pernyataan resmi kementerian yang dipimpinnya.

Sebelumnya, ketika sang menteri masih menjadi bos Gojek, dia diketahui menghapus dua akun sosial medianya karena kerap terganggu secara psikologis dan pikiran oleh isu atau komentar yang ada di dalamnya.

Di akun terbarunya ini, Mendikbud telah mengunggah enam konten dimana konten pertamanya diunggah pada 17 Agustus 2020 yang berisikan pesan kemerdekaan.

Selain itu, Nadiem Makariem yang akrab disapa mas menteri ini juga mengunggah sebuah video dirinya bersama Presiden Joko Widodo. Dalam video tersebut, Nadiem mengabarkan ke Presiden bahwa dirinya telah memiliki akun instagram baru. Hal itu pun langsung disambut baik oleh Presiden Jokowi.

"Saya senang Mas Menteri membuat [akun] Instagram baru. Follow Mas Menteri aja," kata Jokowi kepada warganet melalui video yang diunggah di akun @nadiemmakarim, Kamis (27/8/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sosial media Nadiem Makarim
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top