Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Konstitusi Indonesia, Wapres Ingatkan Lagi soal Semangat Juang

Indonesia memperingati Hari Konstitusi Indonesia yang jatuh setiap 18 Agustus atau satu hari setelah peringatan hari proklamasi kemerdekaan.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 18 Agustus 2020  |  12:59 WIB
Hari Konstitusi Indonesia, Wapres Ingatkan Lagi soal Semangat Juang
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengisi diskusi ekonomi dan perbankan syariah di era new normal - Setwapres
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali mengingatkan masyarakat untuk menggelorakan semangat juang sebagai bangsa. Hal itu ditegaskan Wapres dalam memperingati Hari Konstitusi Indonesia yang jatuh setiap 18 Agustus atau satu hari setelah peringatan hari proklamasi kemerdekaan.

"Saya mengajak kita semua: para penyelengara negara, para pimpinan partai, organisasi, tokoh masyarakat serta segenap elemen bangsa Indonesia, untuk menggelorakan kembali semangat juang kita sebagai bangsa Indonesia," demikian cuitan @Kiyai_MarufAmin, akun Twitter pribadi Wapres Ma'ruf, Selasa (18/8/2020).

Menurutnya, situasi krisis yang saat ini tengah dihadapi tidak boleh membuat Indonesia lemah ataupun lengah. "Apalagi menyerah, putus asa dan kehilangan arah."

Wapres Ma'ruf mengajak masyarakat menjadikan situasi sulit di tengah pandemi Covid-19 sebagai momentum untuk memacu inovasi dan kerja yang lebih keras guna melakukan reformasi di segala bidang.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf Amin juga mengingatkan masyarakat tentang tujuan dibentuknya negara Indonesia.

"Hari ini, 18 Agustus 2020 diperingati sebagai Hari Konstitusi Indonesia. Dalam sambutan Hari Konstitusi saya mengingatkan kembali tujuan dibentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," demikian cuitan @Kiyai_MarufAmin.

Sebagaimana digariskan dalam Pembukaan UUD 45, jelas dia, tujuan pembentukan NKRI pertama-tama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan segenap tumpah darah Indonesia. Tujuan kedua adalah memajukan kesejahteraan umum.

Selanjutnya, jelas dia, tujuan pendirian NKRI adalah mencerdaskan kehidupan bangsa; dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Lebih lanjut, Wapres mengingatkan kepada berbagai pihak di Indonesia untuk terus berupaya dengan daya juang untuk mewujudkan tujuan pendirian negara itu. Pandemi Covid-19 yang tengah mengadang, jelas dia, tak boleh menyurutkan semangat itu.

"Krisis multidimensi dan ketidakpastian akibat wabah covid-19 harus kita hadapi bersama dengan penuh semangat juang, sebagaimana yang telah diteladankan oleh para pendiri bangsa ketika merumuskan UUD 1945," tulis akun resmi Ma'ruf Amin itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konstitusi Ma'ruf Amin wapres ma'ruf amin
Editor : Oktaviano DB Hana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top