Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT Ke-75 RI, Menag Ajak Tokoh Agama Arif Hadapi Tatanan Baru

Menag Fachrul Razi yakin masyarakat dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan berbekal spirit tokoh dan umat beragama saat perjuangan kemerdekaan.
Menteri Agama Fachrul Razi/kemenag.go.id
Menteri Agama Fachrul Razi/kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi mengajak tokoh dan umat beragama menjadikan HUT kemerdekaan RI sebagai momentum menyongsong tatanan baru.

"Saya mengajak tokoh dan seluruh umat beragama, mari kita songsong tantangan baru dengan arif dan bijak. Mari bersama mencari jalan keluar agar anak-anak bangsa tetap mendapat pendidikan agama yang baik, dengan tetap disiplin menerapkan protokol Kesehatan," katanya Senin (17/8/2020).

Dia meyakini masyarakat dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru apapun, termasuk saat meluasnya pandemi Covid-19. Keyakinan ini kata dia berbekal spirit tokoh dan umat beragama pada masa perjuangan kemerdekaan.

Menag berharap, peringatan HUT Ke-75 RI menjadi momentum seluruh elemen bangsa untuk lebih mengeratkan persaudaraan, merawat kerukunan, dan saling berjabat erat mencari titik temu persamaan dalam membangun bangsa.

Peran tokoh agama dinilai sangat penting dalam menjaga persatuan, kesatuan, dan kohesi umat. Indonesia lanjutnya, bukan negara agama, tapi juga bukan negara sekuler yang mengabaikan agama.

"Indonesia adalah negara yang agamis, negara yang selalu mementingkan nilai luhur spiritualitas dan agama. Kita harus terus berjuang mewujudkan Indonesia Maju, dan tidak kering dari nilai-nilai luhur keagamaan," katanya.

Dia menuturkan para pendiri bangsa sejak awal telah menyadari bahwa selain berkat perjuangan para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang, kemerdekaan berhasil diraih atas berkat rahmat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Selamat Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa, selalu berkenan melimpahkan rahmat, hidayah, dan ridha-Nya kepada rakyat dan bangsa Indonesia," ujarnya.

Adapun, Menag Fachrul didaulat sebagai pembaca doa pada upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 di Istana Negara, Senin (17/8/2020). 

Dalam kesempatan itu, dia memanjatkan doa meminta pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar membebaskan bangsa dari wabah Covid-19 yang melanda Tanah Air sejak awal 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper