Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Pengalaman Paling Berkesan Megawati Kala Menjabat Wapres RI

Hal itu diungkapkan dalam video singkat bertajuk Wawancara Eksklusif 75 Tahun Indonesia Merdeka: Megawati Soekarnoputri milik Sekretariat Presiden.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 17 Agustus 2020  |  12:15 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan amanat kepada peserta Jambore Kader Komunitas Juang, di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jateng, Minggu (10/2/2019). - ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan amanat kepada peserta Jambore Kader Komunitas Juang, di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jateng, Minggu (10/2/2019). - ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Bisnis.com, JAKARTA - Megawati Soekarnoputri mengisahkan pengalaman paling berkesan yang dilaluinya ketika menjabat sebagi Presiden dan Wakil Presiden RI.

Putri presiden pertama RI ini mengaku bahwa pengalamannya sebagai Wakil Presiden yang terjun langsung untuk mengatasi konflik di Maluku meninggalkan kesan mendalam. Seperti diketahui, Megawati mengisi posisi itu pada 1999-2001 sebelum menjadi Presiden RI pada 2001-2004.

Hal itu diungkapkan dalam video singkat bertajuk Wawancara Eksklusif 75 Tahun Indonesia Merdeka: Megawati Soekarnoputri yang diunggah akun Youtube resmi milik Sekretariat Presiden, Minggu (16/8/2020).

"Yang tidak pernah terlupakan oleh saya ketika terjadi konflik di Maluku," ujarnya dalam video tersebut.

Ketua Umum PDIP menjelaskan kala itu dia ditugaskan oleh Presiden Abdurrahman Wahid untuk menangani konflik tersebut dengan turun langsung ke lokasi. Namun, aparat keamanan tidak mengizinkan Megawati untuk tinggal di daratan.

Alhasil, wapres harus tinggal di kapal perang hampir dua minggu. Tidak seperti kapal penumpang, jelas dia, tangga naik di kapal perang umumnya tegak lurus atau vertikal.

"Hal yang sangat berkesan karena menurut saya lucu adalah ternyata tangganya itu tidak seperti kapal kapal penumpang atau komersial. Tangganya itu tegak lurus...Sebagai perempuan, kalau mau naik turun saya harus mempergunakan tangga yang tegak lurus itu," jelas Presiden kelima RI itu.

Megawati pun bersyukur dapat menjalankan tugasnya tersebut. Konflik di Tanah Maluku itu pun dapat terselesaikan dengan baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

megawati wapres HUT Kemerdekaan RI
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top