Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dongkrak Penguatan UMKM Melalui Sertifikasi Halal

Apalagi saat ini hampir seluruh pemerintah daerah memiliki program sertifikasi halal UMKM tanpa dipungut biaya.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 16 Agustus 2020  |  12:16 WIB
Standar sertifikasi halal MUI - Istimewa
Standar sertifikasi halal MUI - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Namun, pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 telah memukul sejumlah pelaku usaha.

Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Lukmanul Hakim mengatakan perlu upaya penguatan industry UMKM agar perekonomian nasional tetap menggeliat, salah satu caranya adalah melalui proses sertifikasi halal.

“Melalui sertifikasi halal, produk-produk UMKM dapat bersaing dan menambah nilai jual. Dengan adanya sertifikasi halal, para pelaku usaha juga dapat memperluas pengembangan produknya di dalam negeri, bahkan ke luar negeri,” ujar Lukman

Sebab, dengan adanya sertifikasi halal, akan memberi keyakinan kepada masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam bahwa produk yang akan dibeli atau dikonsumsi sesuai dengan syariat Islam.

Lebih lanjut Lukman mendorong agar seluruh UMKM di Indonesia melakukan sertifikasi halal melalui MUI. Pihaknya juga akan memberikan pendampingan-pendampingan pada setiap proses sehingga seluruh UMKM di Indonesia bisa mendapatkankan sertifikat halal.

Sementara itu, Ketua UMKM Bidang Makanan dan Minuman Kota Bekasi Afif Ridwan mengungkapkan bahwa sertifikat halal telah menjadi tolak ukur bagi konsumen. Afif sendiri saat ini mengembangkan bisnisnya dengan system reseller.

“Sebelum menjadi partner saya, seluruhnya [calon reseller] bertanya tentang sertifikasi halal produk saya. Menurut saya, itu wajar karena yang kita ketahui, sebagian besar konsumen adalah muslim. Dan jelas, Halal menjadi kebutuhan hidup,” terangnya.

Dengan memiliki sertifikat halal, usaha yang dia geluti yakni bandeng rorod kian melaju pesat. “Pasca saya mencatumkan sertifikasi halal produk saya, maka penjualan semakin meningkat,” ujar Afif.

Untuk itulah dia mendorong agar para pengusaha UMKM lainnya dapat segera melakukan sertifikasi halal untuk produk-produknya. Apalagi saat ini hampir seluruh pemerintah daerah memiliki program sertifikasi halal UMKM tanpa dipungut biaya.

“Untuk mengakses program dari pemerintah, maka para UMKM harus berhimpun. Biasanya informasi sertifikasi halal gratis disampaikan langsung ke komunitas UMKM. Mensertifikasi halal produk gratis kok. Maka berhimpunlah,” tegasnya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sertifikasi halal
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top