Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penasihat Trump Sebut Ketegangan Tak Pengaruhi Kesepakatan Dagang AS-China

China masih berjanji untuk melaksanakan perdagangan fase satu dan bukti menunjukkan bahwa negara itu meningkatkan pembelian, terutama komoditas.
Larry Kudlow/Reuters
Larry Kudlow/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dan China tetap berjalan di tengah eskalasi ketegangan diantara kedua negara.

Penasihat ekonomi utama Presiden AS Donald Trump, Larry Kudlow mengatakan China secara substansial meningkatkan pembelian barang-barang AS. Dia menepis kekhawatiran bahwa meningkatnya ketegangan antara kedua negara dapat membahayakan kesepakatan tersebut.

"Satu bidang yang kami tangani adalah perdagangan. Keadaannya baik-baik saja sekarang," kata Kudlow pada konferensi pers Gedung Putih, dilansir Bloomberg, Rabu (12/8/2020).

Kudlow melanjutkan, China masih berjanji untuk melaksanakan perdagangan fase satu dan bukti menunjukkan bahwa negara itu meningkatkan pembelian, terutama komoditas.

Pada Januari lalu, China berjanji untuk membeli tambahan US$200 miliar barang dan jasa AS pada level 2017 hingga akhir 2021. Perjanjian itu menghentikan perang perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia, meskipun hubungannya telah memburuk di hampir semua bidang lainnya.

Sementara itu menurut perhitungan Bloomberg, hingga akhir Juni, China baru membeli sekitar 23 persen dari total target pembelian untuk 2020 senilai lebih dari US$170 miliar barang. Pejabat senior AS dan China berencana untuk meninjau implementasi perjanjian perdagangan pada 15 Agustus mendatang.

Sejak dimulainya pandemi Covid-19, hubungan AS-China kembali memburuk, dengan kedua negara bentrok di berbagai bidang termasuk penyebaran virus, masalah Hong Kong, dan teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper