Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mahfud MD: Anak Muda Harus Suka Baca Buku

Mahfud MD mengaku banyak menggali nilai kearifan dan kebijaksanaan dari salah satu sosok dalam buku yang dibacanya. Siapa sosok itu?
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  17:45 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD memaparkan materi pada acara Bincang Seru Mahfud di kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/10/2019). Bisnis - Rachman
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD memaparkan materi pada acara Bincang Seru Mahfud di kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/10/2019). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Mahfud MD membagikan ceritanya perihal hobi membaca buku sejak kecil. Salah satu buku paling digemarinya adalah cerita silat Kho Ping Hoo.

“Anak muda harus suka baca buku. Hobi membaca saya sudah dimulai sejak kecil. Saya suka sekali cerita silat Kho Ping Hoo,” tulisnya di Instagram @mohmahfudmd, Selasa (11/8/2020).

Dia mengatakan bahwa karya sosok itu banyak menyematkan nilai kearifan dan kebijaksanaan yang dapat digali. Di tiap buku cerita silat, pria kelahiran Sragen 17 Agustus 1926 berdarah China - Jawa itu selalu memberi pesan tersembunyi.

“Selalu ada pesan ini: jangan jahat, jangan makan yang haram karena hal-hal itu akan membuat hidup selalu resah dan gelisah,” ujar Mahfud.

Kho Ping Hoo merupakan penulis cerita silat. Dari berbagai literatur disebutkan sosok itu telah menciptakan sekitar ratusan judul cerita silat. Sosok itu meninggal pada 22 Juli 1993 di RS Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah.

Beberapa judul paling dikenal publik beberapa dekade lalu seperti Pendekar Bodoh, Pedang Ular Merah, Pedang Penakluk Iblis, Pendekar Lembah Naga dan Pendekar Buta, Super Sakti, Badai Laut Selatan, Bu Kek Siansu dan Pedang Kayu Harum.

“Kebiasaan membaca masih saya lakukan hingga saat ini untuk mengasah otak sekaligus hiburan. Kalau kamu suka baca buku apa?” tutur Mahfud.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahfud md buku
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top