Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gubernur Kepri Positif Corona, Setpres: Jokowi Tak Langsung Serahkan Keppres

Presiden Jokowi melantik Gubernur Kepri Isdianto pada Senin (27/7/2020). Sang Gubernur dikonfirmasikan positif Corona kemarin, Jumat (31/7/2020).
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 01 Agustus 2020  |  16:28 WIB
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono - Dok./Biro Pers Sekretariat Presiden
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono - Dok./Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono angkat bicara terkait informasi Gubernur Kepulauan Riau yang dipastikan positif Corona kemarin, Jumat (31/7/2020).

Pasalnya, Isdianto baru saja dilantik menjadi Gubernur Kepri dengan sisa masa jabatan 2016-2021 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin (27/7/2020). 

Heru menegaskan bahwa pelantikan tersebut bersifat terbatas atau hanya dihadiri oleh beberapa orang yakni pihak yang akan dilantik, keluarganya, dan beberapa pejabat terkait.

Lebih lanjut, selama prosesi pelantikan berlangsung, pihak Sekretariat Presiden juga meminimalkan kontak langsung antara Presiden Jokowi dan Gubernur Kepulauan Riau.

“Bapak Presiden tidak langsung menyerahkan Keppres [Keputusan Presiden] tetapi sudah disiapkan di satu meja, tidak jauh dari berdirinya Gubernur Kepulauan Riau, dan Gubernur Kepulauan Riau mengambil sendiri berkas itu,” kata Heru dalam keterangan resmi, Sabtu (1/8/2020).

Selain itu, sejumlah protokol kesehatan lainnya juga diterapkan secara ketat di lingkungan Istana Kepresidenan, seperti semua orang yang hadir dalam prosesi pelantikan memakai masker dan menjaga jarak.

Heru juga memastikan bahwa pelantikan tersebut dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Heru menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan tes usap terlebih dahulu baik kepada pihak yang akan dilantik, keluarganya, maupun pejabat terkait yang hadir secara terbatas pada saat pelantikan.

“Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, yaitu Gubernur Kepulauan Riau, keluarga, dan pejabat terkait pada saat hadir dilakukan swab di Jakarta,” ujarnya.

Isdianto menjalani tes usap setelah 2 orang pengawal pribadinya dinyatakan positif Corona. Salah seorang pengawal pribadi Gubernur Kepri tersebut bahkan sempat demam saat berada di Jakarta, tapi ia tidak masuk ke istana sehingga tidak ikut dites usap saat di Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi riau Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top