Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Daftar Zona Merah Covid-19: 14 Kota Bertahan, 3 Minggu Beruntun

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat jumlah kabupaten kota pada zona merah dari 6,81 persen pada minggu lalu menjadi 10,31 persen pada pekan ini.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 27 Juli 2020  |  17:54 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mencatatkan terdapat 14 kabupaten kota zona merah tanpa perubahan dalam tiga minggu berturut-turut.

Dia mengatakan bahwa dari zonasi yang dicatat pemerintah terjadi kenaikan presentasi jumlah kabupaten kota pada zona merah dari 6,81 persen pada minggu lalu menjadi 10,31 persen pada pekan ini.

“Begitu juga dengan kabupaten kota dengan zona oranye, risiko sedang dari 32,88 persen menjadi 35,99 persen. Ada 14 kabupaten kota zona merah tanpa perubahan dalam tiga minggu berturut-turut,” katanya, Senin (27/8/2020).

Adapun seluruh kabupaten kota tersebut tersebar di tujuh provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Papua, dan Sumatra Utara.

Secara terperinci kabupaten kota tersebut yaitu Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Pusat, Kota Semarang, Gresik, Kota Surabaya, Banjar, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Tabalong, Tanah Laut, Kota Mataram, Kota Jayapura, Kota Deli Serdang, dan Kota Medan.

Dia meminta agar masyarakat dan pemerintah daerah berlaku disiplin serta menerapkan protokol kesehatan secara maksimal. Wiku juga menekankan protokol itu untuk diterapkan oleh Provinsi Kalimantan Selatan.

“Bisa ditingkatkan praktek protokol kesehatan di masyarakat agar bisa bersih dari zona merah. Contoh Sulawesi Selatan sudah jadi zona oranye sehingga hanya Palopo saja,” terangnya.

Adapun hari ini pemerintah mengumumkan bahwa kasus konfirmasi positif Covid-19 mencapai 100.303 orang setelah bertambah 1.525 pasien. Angka sembuh bertambah 1.518 menjadi 58.173 orang dan meninggal naik 57 menjadi 4.838 orang.

Terpisah, Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan bahwa di Jawa Timur, ternyata 60 persen kasusnya berasal dari satu kota, sedangkan di sana terdapat 38 kabupaten/kota.

“Apakah semuanya [zona] merah di Jawa Timur, ternyata belum tentu. Ini alasan kenapa kita harus membagi menjadi zonasi-zonasi karena kondisi di tiap daerah yang berbeda-beda,” kata Dewi, Senin (27/7/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top