Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Microsoft, Nike dan Unilever Bentuk Konsorsium 'Nol Emisi Karbon'

Konsorsium yang disebut Transform to Net Zero itu juga mengikutsertakan produsen otomotif Mercedes-Benz AG; raksasa pengiriman Denmark A.P. Moller-Maersk A/S; perusahaan teknologi informasi India Wipro Ltd; dan Natura & Co., perusahaan kosmetik Brasil.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  17:22 WIB
Asap membubung dari cerobong-cerobong asap sebuah pabrik pemanas di Jilin, China - Reuters
Asap membubung dari cerobong-cerobong asap sebuah pabrik pemanas di Jilin, China - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Microsoft Corp, Nike Inc., Starbucks Corp, Unilever NV dan Danone SA membentuk konsorsium untuk berbagi sumber daya dan strategi memangkas emisi karbon.

Dilansir Bloomberg, Selasa (21/7/2020), konsorsium yang disebut Transform to Net Zero itu juga mengikutsertakan produsen otomotif Mercedes-Benz AG; raksasa pengiriman Denmark A.P. Moller-Maersk A/S; perusahaan teknologi informasi India Wipro Ltd; dan Natura & Co., perusahaan kosmetik Brasil.

Aliansi ini berencana merekrut anggota lain dan akan bekerja sama dengan organisasi nirlaba Dana Pertahanan Lingkungan dalam berbagi informasi tentang pengurangan emisi, investasi dalam teknologi pengurangan karbon dan mengoordinasikan tujuan kebijakan publik.

Januari lalu, Microsoft mengumumkan rencana pemangkasan emisi karbon hingga negatif pada 2030. Perusahaan perangkat lunak itu mengalokasikan US$1 miliar pada dana inovasi iklim untuk berinvestasi dengan cara mengurangi dan menghilangkan emisi karbon.

Pada 2050, perusahaan berencana untuk menghapus setara semua emisi sejak Microsoft didirikan pada tahun 1975. Amazon.com Inc. juga telah membuat komitmen untuk menghilangkan emisi karbon dan merekrut perusahaan lain untuk bergabung.

Kedua raksasa teknologi ini sebelumnya telah mendapat kecaman dari para aktivis iklim karena terus memberikan layanan komputasi awan kepada produsen minyak dan gas besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unilever microsoft nike emisi karbon

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top