Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sabtu Bersama Menkeu: Sri Mulyani Bagi-Bagi Pesan untuk Generasi Muda Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani berbagi pesan bagi anak-anak muda. Ada empat hal yang difokuskan, berikut paparannya.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 18 Juli 2020  |  15:05 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani menunjukan bukti pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan di Kantor DJP, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Menteri Keuangan Sri Mulyani menunjukan bukti pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan di Kantor DJP, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan sejumlah pesan kepada anak-anak muda Indonesia untuk dapat maju dan menjadi bagian dari solusi berbagai persoalan bangsa.

Pertama, anak muda hendaknya berpikiran terbuka. Menurutnya, ciri utama generasi muda saat ini adalah kedekatannya dengan teknologi yang sudah menjadi bagian dari cara hidup.

Dengan akses terhadap teknologi yang demikian luas, pikiran yang sempit dan tertutup hanya akan membatasi manfaat yang bisa diterima anak muda dari perkembangan zaman itu sendiri.

"Kedua, jangan terlalu banyak berpikir negatif, karena itu beban untuk masa kini dan masa depan," ujarnya saat menggelar IG Live bertajuk Sabtu bersama Menkeu, Sabtu (18/7/2020).

Ketiga, anak muda harus kolaboratif. Sri Mulyani mengatakan itu merupakan syarat wajib bagi anak muda untuk menghadirkan seluas mungkin manfaat dan solusi. Jutaan generasi muda Indonesia, lanjutnya, jika mampu melakukan upaya kolaboratif, diharapkan membawa perubahan besar.

Keempat, integritas dan kompetensi. Keduanya, kata mantan pejabat Bank Dunia tersebut, harus menjadi bagian tak terpisahkan dalam diri anak muda. Integritas berarti setia pada prinsip-prinsip yang baik. Sedangkan kompetensi juga tak kalah penting untuk menentukan sejauh mana seorang anak muda dapat berbuat sesuatu.

"Hidup akan selalu banyak tantangan dan cobaan, tetapi itu tidak berarti menjadi alasan kita menjadi manusia jahat, tidak produktif dan sebagainya. Masa depan itu Anda yang miliki, Anda yang akan mengukir sendiri," pesannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani generasi muda
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top