Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

197 Ponpes di DIY akan Buka, tapi hanya Tampung 50 Persen Santri

Sebanyak 197 pondok Pesantren (Ponspes) di Provinsi DIY( Daerah Istimewa Yogyakarta) akan Kembali memulai aktivitas dan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan protokol kesehatan dengan hanya menampung 50 persen santri.
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X berfoto dengan sejumlah Pengasuh Pondok Pesantren DIY di Kantor Gubernur DIY, Kamis (16/7/2020). /Harian Jogja-Lugas Subarkah.
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X berfoto dengan sejumlah Pengasuh Pondok Pesantren DIY di Kantor Gubernur DIY, Kamis (16/7/2020). /Harian Jogja-Lugas Subarkah.

Bisnis.com, JOGJA - Sebanyak 197 pondok Pesantren (Ponspes) di Provinsi DIY( Daerah Istimewa Yogyakarta) akan Kembali memulai aktivitas dan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan protokol kesehatan dengan hanya menampung 50 persen santri.

Rencana pembukaa kembali pondok pesantren tersebut telah mendapat restu dari Pemprov DIY namun dengan beberapa catatan.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengatakan kegiatan pondok pesantren tidak mungkin selamanya dihentikan atau berjalan tapi hanya lewat daring.

“Saya sampaikan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY sudah mengirim surat persyaratan dibukanya pondok pesantren. Ya sudah, protokol Kesehatan itu saja dipakai,” ungkapnya usai menerima kehadiran Pengurus Pondok Pesantren se-DIY di Kepatihan, Kamis (16/7), seperti dilaporkan Harianjogja.com, Jumat (17/7/2020).

Ia berharap pengasuh pondok dapat berperan sebagai orang tua para santri, karena para santri masih anak-anak dan jauh dari orang tua. "Kesehatannya diperhatikan betul, kalau dia sakit dibawa ke rumah sakit dan sebagainya,” kata dia.

Ketua Robithoh Mahiid Islam atau Asosiasi Pondok Pesantren DIY, KH Fairuzi Afiq, menuturkan dari 197 Pondok Pesantren di DIY, sebanyak 30 pesantren telah menyatakan siap menjalankan aktivitas dengan sarana dan prasarana yang telah memungkinkan untuk penerapan protokol Kesehatan.

“30 pesantren ini sudah memiliki tempat karantina sendiri. Sebagian sudah mulai, tapi belum aktivitas 100 persen. Saat ini santri yang ada di pondok sekitar 15 persen. Dari 85 persen santri yang masih di rumah, 50 persen dulu yang akan masuk, tidak langsung semua,” ujarnya.

Penerapan protokol kata dia, sudah dimulai sejak santri masih di rumah yakni dengan karantina terlebih dahulu sebelum berangkat, lalu ebrangkat tidak menggunakan kendaraan umum serta hanya santri dari daerah zona hijau yang boleh Kembali masuk.

Menurutnya pondok pesantren lebih memungkinkan untuk dibuka ketimbang sekolah umum karena jika di sekolah umum siswanya datang dan pergi, sementara di pesantren, santrinya terus berada di dalam sehingga seperti keluarga dalam satu rumah. “Yang perlu diperhatikan adalah perlu ada massa dekontaminasi selama 14 hari,” katanya.

Di samping itu, dengan berjalannya Kembali pondok pesantren, akan berimbas pada perekonomian di sekitar pondok karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pondok pesantren akan membeli dari kegiatan bisnis warga di sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lugas Subarkah
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper