Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Anthony Fauci Optimistis Pengobatan Covid-19 Terbaru Siap pada Musim Gugur

Hal tersebut diungkapkan pakar penyakit menular Amerika Serikat tersebut dalam wawancara virtual dengan CEO Facebook Inc. Mark Zuckerberg pada Kamis (16/7/2020) waktu setempat.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 17 Juli 2020  |  09:42 WIB
Anthony Fauci - istimewa
Anthony Fauci - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pakar penyakit menular Amerika Serikat Anthony Fauci mengatakan uji klinis terhadap antibodi monoclonal yang digunakan untuk pengobatan virus corona akan selesai pada akhir musim panas atau awal musim gugur.

Hal tersebut diungkapkan Fauci dalam wawancara virtual dengan CEO Facebook Inc. Mark Zuckerberg pada Kamis (16/7/2020) waktu setempat.

Antibodi monoklonal adalah protein yang diproduksi laboratorium yang berpotensi dapat digunakan untuk mengobati pasien yang sakit serta sebagai profilaksis. Faucimenggambarkannya sebagai "peluru jitu" yang dapat dikembangkan dari antibodi orang lain yang telah terinfeksi dan digunakan sebagai pengobatan untuk melawan virus pada berbagai tahap.

"Yang benar-benar kita butuhkan adalah obat-obatan yang dapat mencegah orang yang mengalami gejala memerlukan rawat inap ketika diberikan lebih awal, atau secara signifikan mengurangi waktu munculnya gejala," kata Fauci, seperti dikutip Bloomberg.

Fauci mengatakan antibodi monoklonal tersebut dapat diberikan secara intravena atau melalui suntikan.

Fauci, yang juga menjadi Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan bahwa negara bagian terlalu cepat membuka perekonomian sehingga menyebabkan lonjakan kasus infeksi.

"Itu adalah salah satu penyebab masalah," ujar Fauci.

Sementara itu, Mark Zuckerberg kecewa dengan respons pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam menangani pandemi Covid-19.

Zuckerberg khususnya merasa kecewa dengan sikap pemerintah AS merongrong saran dari para ilmuwan tentang tindakan kesehatan masyarakat seperti memakai masker.

Fauci dan Zuckerberg juga membahas pentingnya memakai masker, mengembangkan vaksin yang efektif, mengembalikan anak-anak ke sekolah, dan peran kaum muda dalam menghentikan penyebaran virus.

"Kaum muda sangat dekat dan sangat terlibat dengan apa yang sedang terjadi dengan pandemi ini," kata Fauci, merujuk pada lonjakan usia muda positif Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

facebook Virus Corona Mark Zuckerberg
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top