Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kabareskrim Bentuk Tim Gabungan untuk Pidanakan Brigjen Prasetijo

Bareskrim Polri telah membentuk tim gabungan untuk melakukan penyelidikan terhadap oknum kepolisian yang terlibat dalam penerbitan surat jalan buronan Djoko Tjandra.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  18:24 WIB
Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) - Antara
Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa oknum Polisi Brigjen Pol Prasetijo Utomo juga akan diproses pidana setelah menjalani hukuman disiplin dan etik di Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri.

Listyo mengatakan bahwa pihaknya sudah membentuk tim gabungan yang berisi penyidik dari Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Tindak Pidana Umum (Tipidum) dan Tindak Pidana Siber Polri yang didampingi oleh Propam Polri agar proses penyidikan berjalan transparan.

Kendati demikian, Listyo tidak menjelaskan lebih jauh proses pidana dan pasal yang akan dijerat terhadap Brigjen Pol Prasetijo Utomo atas dugaan membantu pelarian buronan Djoko Soegiharto Tjandra.

"Tim ini untuk memproses pidana kepada yang bersangkutan jadi tidak hanya diberi sanksi etik dan disiplin saja tetapi juga ada pidananya," kata Listyo, Kamis (16/7/2020).

Dia juga telah memerintahkan seluruh tim penyidik untuk menelusuri dugaan aliran dana terhadap Brigjen Pol Prasetijo Utomo. Menurut Listyo, jika terbukti ada aliran dana yang mengalir, maka tim penyidik juga akan mempidanakan pihak lainnya.

"Tim akan bergerak secara pararel untuk tuntaskan kasus ini. Hal ini kami lakukan untuk jaga marwah Polri," ungkapnya.

Sementara itu, pada hari ini Kabareskrim secara langsung memimpin upacara pencopotan jabatan Brigjen Pol Prasetijo Utomo. Namun, Brigjen Presetijo justru tidak menghadiri upacara tersebut karena mendadak sakit.

Akhirnya, Brigjen Prasetijo Utomo diwakili oleh Kepala Biro Perencanaan dan Administrasi (Renmin) dari Bareskrim Polri yaitu Brigjen Pol Adi Cahyo Hurip Mulyo dalam upacara tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri kabareskrim Kasus Djoko Tjandra
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top