Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Bantu Repatriasi Pertama dari Tunisia

Keenam WNI tersebut terdiri dari seorang pekerja migran Indonesia (PMI) di sektor domestik, mahasiswa dan WNI yang mengunjungi keluarganya di Tunisia.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 10 Juli 2020  |  10:26 WIB
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memberikan pernyataan pers terkait larangan masuk bagi warga negara asing ke Indonesia di Kantor Kementerian Luar Negeri Jakarta, Kamis (5/3/2020). ANTARA FOTO - Wahyu Putro A
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memberikan pernyataan pers terkait larangan masuk bagi warga negara asing ke Indonesia di Kantor Kementerian Luar Negeri Jakarta, Kamis (5/3/2020). ANTARA FOTO - Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - KBRI Tunisia telah membantu kepulangan 6 WNI dengan maskapai Emirates. Kegiatan ini adalah repatriasi pertama yang dilakukan dari Tunisia.

Kepulangan dilakukan pada Rabu (08/07/2020). Keenam WNI tersebut terdiri dari seorang pekerja migran Indonesia (PMI) di sektor domestik, mahasiswa dan WNI yang mengunjungi keluarganya di Tunisia. WNI tersebut tertahan di Tunisia karena kebijakan pemerintahnya untuk membendung penyebaran Covid-19.

Salah satu kasus WNI tertahan yakni seorang PMI yang bekerja di Dubai, Uni Emirat Arab dan diajak majikannya berkunjung ke Tunisia pada awal Maret 2020. PMI tersebut tertahan di Tunisia bersama keluarga majikannya.

"Sejak awal Juli 2020, KBRI Tunis menampung PMI tersebut dan memastikan hak-haknya dipenuhi oleh majikan sebelum pulang ke Indonesia," seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (10/7/2020).

Tunisia mengumumkan kasus Covid-19 pertamanya pada 2 Maret 2020. Pemerintah setempat langsung mengambil langkah drastis dengan melakukan total lockdown dan menutup perbatasannya sejak tanggal 22 Maret.

Pada 27 Juni 2020, perbatasan kembali dibuka dan akses penerbangan internasional kembali diizinkan memasuki Tunisia. Per 8 Juli 2020, jumlah kasus aktif di Tunisia sebanyak 121 kasus dari total 1221 kasus. Tidak ada WNI yang terjangkit Covid-19 di Tunisia sampai saat ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wni tunisia repatriasi Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top