Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Masjid Istiqlal Kembali Dibuka, Dipastikan Gelar Salat Iduladha

Salat Iduladha maupun penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan di semua daerah, kecuali pada area belum aman Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  18:24 WIB
Petugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area Masjid Istiqlal di Jakarta, Jumat (13/3 - 2020).
Petugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area Masjid Istiqlal di Jakarta, Jumat (13/3 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan Masjid Istiqlal akan menggelar salat Iduladha dengan standar protokol Covid-19. Pada pelaksanaan salat Idulfitri sebelumnya, masjid ini ditutup untuk menghindari penyebaran virus.

Kepastian itu disampaikan Menag saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR RI bersama Badan Pengelola Keuangan Haji di gedung parlemen, Selasa (7/7/2020).

“Insya Allah akan diadakan salat Iduladha tingkat negara di Masjid Istiqlal dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 sebagai awal dibukanya kembali masjid Istiqlal untuk jamaah umum,” kata Menag Fachrul.

Sejak pandemi meluas, pemerintah memutuskan untuk menutup masjid tersebut. Bahkan pada pelaksanaan salat Idulfitri dua bulan lalu, panitia masjid tidak membuka kegiatan ibadah untuk masyarakat.

Selain persiapan protokol Covid-19 saat Iduladha, pemerintah juga membuat naskah khutbah Iduladha bertema solidaritas sosial dalam tatanan produktif baru dan aman Covid-19.

Sementara itu, Kemenag telah menerbitkan panduan penyelenggaraan Salat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441H/2020M menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Surat Edaran No SE. 18/2020 diteken Menteri Agama Fachrul Razi. Aturan ini menjadi petunjuk penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban dengan menyesuaikan pelaksanaan tatanan kenormalan baru.

“Dengan begitu, pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berjalan optimal serta terjaga dari penularan Covid 19,” katanya beberapa waktu lalu.

Menurut Menag, salat Iduladha maupun penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan di semua daerah, kecuali pada tempat-tempat yang dianggap masih belum aman Covid-19 oleh Pemerintah Daerah atau Gugus Tugas Daerah.

Pelaksanaan salat Ied dan penyembelihan hewan kurban juga harus memperhatikan protokol kesehatan. Menurut panduan Kemenag, proses ini harus juga mesti berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Adapun, salat Iduladha boleh dilakukan di lapangan/masjid/ruangan dengan sejumlah syarat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenag masjid istiqlal iduladha
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top