Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Inggris Salurkan Bantuan Rp987 Juta untuk Proyek Pengumpulan Data Covid-19

Proyek ini merupakan bagian dari program Digital Access di bawah Kedutaan Inggris Jakarta dan akan dilaksanakan dengan koordinasi bersama Pemerintah Indonesia, dimana Jawa Timur adalah salah satu wilayah yang menjadi prioritas.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  16:49 WIB
Ratu Inggris Elizabeth. - REUTERS
Ratu Inggris Elizabeth. - REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Inggris bekerjasama dengan Lapor Covid-19 dalam proyek wadah pengumpulan data berbasis komunitas. Proyek bersama tersebut didanai oleh Inggris sebesar 56.178 poundsterling atau setara dengan Rp987 juta.

Proyek ini merupakan bagian dari program Digital Access di bawah Kedutaan Inggris Jakarta dan akan dilaksanakan dengan koordinasi bersama Pemerintah Indonesia, dimana Jawa Timur adalah salah satu wilayah yang menjadi prioritas.

Di saat pembatasan-pembatasan sosial mulai dilonggarkan secara bertahap, pemerintah di seluruh belahan dunia tetap berupaya dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan data untuk mengidentifikasi dan mencegah risiko-risiko kesehatan publik.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pertumbuhan kasus baru di Provinsi Jawa Timur adalah salah satu yang tertinggi di Indonesia.

Untuk mengatasi ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mengembangkan sebuah sistem yang mengolah data secara langsung (real-time)untuk memetakan persebaran Covid-19. Pemerintah Inggris ingin terus mendukungupaya ini.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins mengatakan informasi sangat krusial dalam pertempuran kita melawan Covid-19.

"Kita harus bekerja sama dalam mengumpulkan data sebaik-baiknya di tingkat pemerintah dan juga melalui pelaporan dari warga. Saya sangat senang bahwa Pemerintah Inggris dapat mendukung kerja luar biasa dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, bersama LaporCovid-19," jelasnya melalui keterangan tertulis Jumat (3/7/2020).

Pihaknya percaya bahwa proyek tersebut dapat mendukung pengembangan sebuah wadah yang terintegrasi untuk membantu dalam melawan pandemi ini bersama.

Inisiator Lapor Covid-19 Irma Hidayana mengatakan Lapor Covid-19 percaya bahwa transparansi, akuntabilitas, dan akurasi data mengenai Covid-19 adalah kunci bagi pemerintah dalam membentuk kebijakan-kebijakan kesehatan untuk melawan pandemi ini.

"Saat ini, Jawa Timur telah menjadi pusat baru penyebaran Covid-19,di mana jumlah kasus baru harian telah melampaui jumlah di Jakarta. Pemerintah Jawa Timur merupakan panutan dan data mereka mengenai Covid-19 merupakan salah satu yang paling lengkap," jelasnya.

Dia menghargai Pemerintah Jawa Timur yang menunjukkan komitmen kuat dalam kerja sama dengan masyarakat sipil dalam menangani pandemi virus Corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inggris Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top