Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gelombang Terakhir, 17 ABK WNI Berhasil Dipulangkan

KJRI Marseille, Perancis telah memulangkan 17 Warga Negara Indonesia sebagai ABK kapal pesiar Le Boreal dan Le Lyrial.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 02 Juli 2020  |  17:13 WIB
nWarga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) Long Xing 629 tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (8/5/2020). ANTARA FOTO - Hasnugara
nWarga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) Long Xing 629 tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (8/5/2020). ANTARA FOTO - Hasnugara

Bisnis.com, JAKARTA - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Marseille, Perancis, telah memulangkan 17 Warga Negara Indonesia yang menjadi anak buah kapal (ABK) pesiar Le Boreal dan Le Lyrial.

Para WNI telah terbang ke tanah air menggunakan jalur penerbangan komersial dengan tujuan akhir Jakarta dan Denpasar.

Acting Konsul Jenderal RI di Marseille, Erie Bawono saat menyampaikan bahwa setiap WNI yang dipulangkan telah dibekali 'Health Certificate' dan 'Certificate of Covid-19 Testing' oleh pihak Prinsipal. Seluruh 17 WNI dalam kondisi sehat dan tidak suspect/positif Covid-19.

KJRI juga telah membekali para ABK WNI dengan dokumen yang diperlukan pada saat perjalanan dan ketibaan di Indonesia.

Proses repatriasi ini merupakan bagian dari total penanganan dan bantuan kekonsuleran kepada 720 ABK WNI dari 8 kapal yang berlabuh di Marseille dan satu kapal yang berlabuh di Pape'été Polinesia, teritori seberang laut Prancis di Samudra Pasifik.

"Dari total 720 ABK yang ditangani, 513 ABK berangkat dari kota Marseille, dan selebihnya berangkat ke Indonesia setelah melalui Italia dan Jerman," jelas Erie melalui keterangan tertulis, Kamis (2/7/2020).

Dia mengatakan seluruh Perwakilan RI di Perancis, Italia dan Jerman berkoordinasi intensif dalam proses pendekatan kepada pihak prinsipal masing masing kapal pesiar.

Adapun, kerja sama dari Kementerian Luar Negeri RI serta otoritas terkait di Indonesia sangat mendukung kelancaran proses repatriasi pada saat kedatangan ABK di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

abk Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top