Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemendikbud, ADN Luncurkan Program Rekam Pandemi

Asosiasi Dokumenteris Nusantara dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Rekam Pandemi, kumpulan film dokumenter pendek tentang beragam persoalan lokal, spontan dan sehari-hari sebagai bagian dari perubahan sosial masyarakat di masa pandemi Covid 19.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 28 Juni 2020  |  22:50 WIB
Rekam Pandemi. - KEMENDIKBUD
Rekam Pandemi. - KEMENDIKBUD

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Dokumenteris Nusantara (ADN) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Rekam Pandemi, kumpulan film dokumenter pendek tentang beragam persoalan lokal, spontan dan sehari-hari sebagai bagian dari perubahan sosial masyarakat di masa pandemi Covid 19.

Ketua Asosiasi Dokumenteris Nusantara (ADN) Tonny Trimarsanto menjelaskan program Rekam Pandemi ini mewakili cara tutur audio visual yang sangat kaya akan budaya Indonesia. Pola perekaman yang dikemas dalam film dokumenter pendek ini dilakukan oleh anggota ADN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Jadi, persoalan-persoalan yang sangat lokal, spontan dan sehari-hari sebagai bagian dari perubahan sosial masyarakat di masa Pandemi Covid 19 ini, direkam oleh mereka yang berada terdekat dengan peristiwanya sehingga akan terasa keberagaman yang sangat kaya dari karya-karya ini,” ujar Tonny melalui keterangan resminya pada Minggu (28/6/2020).

Tonny juga mengapresiasi Kemendikbud yang telah mendukung ADN untuk berkarya di tengah Covid-19. “Kami sangat berterimakasih kepada Kemendikbud karena hanya dengan pola seperti inilah kawan-kawan punya ruang kreatif yang terus bisa dikelola dengan baik sekalipun situasinya sangat sulit,”

Penyebaran Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan banyak peserta didik harus melaksanakan kegiatan belajar di rumah. Namun, tidak semua peserta didik maupun pendidik memiliki kemampuan untuk mengakses platform pembelajaran daring secara optimal.

Tony berharap komunitas ADN bisa terus melakukan dokumentasi karena dengan itulah mereka bisa memiliki arsip dan material yang sangat besar dan banyak.

Program “Rekam Pandemi” akan tayang di TVRI setiap hari Sabtu dan Minggu serta dapat diakses melalui situs: http://rekampandemi.kemdikbud.go.id, dan seluruh akun media sosial @budayasaya: Youtube, Facebook, dan Twitter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

film pendek pandemi corona New Normal
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top