Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tersandung Isu Rasial, Unilever Berencana Ganti Merek Krim Pemutih di India

Perseroan berencana menampilkan wanita dari semua warna kulit dalam kampanye-kampanye iklan di masa depan.
Unilever/www.unilever.co.id
Unilever/www.unilever.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Unilever Plc. berencana mengganti merek krim pemutih wajah Fair & Lovely di India seiring dengan tumbuhnya reaksi keras publik atas branding yang menjual stereotip rasial.

Perusahaan meraup pendapatan tahunan senilai lebih dari US$500 juta dari merek tersebut di India, pasar terbesar keduanya. Raksasa barang konsumen multinasional ini juga akan menghapus istilah fair, whitening, dan lightening dari kemasan dan materi pemasaran Fair & Lovely.

Selain itu, perseroan berencana menampilkan wanita dari semua warna kulit dalam kampanye-kampanye iklan di masa depan. Tak hanya India, merek ini juga dijual di sejumlah negara seperti Bangladesh, Indonesia, dan Thailand.

Dipicu oleh insiden kebrutalan polisi terhadap kaum kulit hitam, gerakan Black Lives Matter telah mendunia dan mendorong banyak perusahaan untuk mengevaluasi bisnis dan pemasaran mereka jika menyiratkan tanda-tanda diskriminasi.

Pekan lalu, Johnson & Johnson menyatakan akan mundur dari bisnis produk pemutih kulit, yang mencakup merek Clean & Clear Fairness di India dan lini Neutrogena Fine Fairness di Asia dan Timur Tengah.

“Kami menyadari bahwa penggunaan kata-kata fair, white, dan light menunjukkan impian kecantikan singular yang kami pikir tidak tepat,” ungkap Presiden divisi kecantikan dan perawatan personal Unilever, Sunny Jain, seperti dilansir dari Bloomberg, Kamis (25/6/2020).

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis, unit Unilever di India mengatakan perusahaan tengah menunggu persetujuan regulator untuk nama baru dan memperkirakan akan adanya perubahan dalam beberapa bulan ke depan.

Rangkaian produk Fair & Lovely besutan Unilever memenuhi konsep kecantikan yang mengakar kuat di India dimana kulit yang lebih gelap dipandang tidak diinginkan dan tidak menarik.

Koran-koran ternama di India berisikan iklan-iklan pernikahan yang acapkali menyoroti kebutuhan seorang pengantin untuk berwajah cerah dan bertubuh ramping.

Langkah ini diambil setelah perusahaan beberapa kali disinggung di media sosial dalam beberapa bulan terakhir karena krim pemutihnya. Kampanye global di media sosial seperti #unfairandlovely juga telah berkembang kritis terhadap stereotip kecantikan sejak 2016.

Bagi sebagian orang, mengubah merek saja tidak cukup terutama jika produk itu sendiri terus melayani bias yang sama.

“Setiap perusahaan yang menjual produk-produk dengan klaim bahwa itu akan membuat Anda lebih putih dan lebih cerah harus pergi, karena dengan kata lain mengatakan kepada setiap orang berkulit coklat di India bahwa Anda tidak cukup baik,” ujar seorang penulis dan aktivis yang berbasis di Mumbai Mahima Kukreja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper