Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Koalisi Golkar-Demokrat, Airlangga dan AHY Sepakat Usung 33 Calon di Pilkada

Selain 33 calon, kedua partai masih memiliki potensi koalisi di 31 daerah lainnya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Juni 2020  |  03:11 WIB
Putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) dan istri Annisa Pohan (kanan) saat menyambangii kediaman Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri untuk berhalalbihalal, di Jakarta, Rabu (5/6/2019). - ANTARA FOTO/Reno Esnir
Putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) dan istri Annisa Pohan (kanan) saat menyambangii kediaman Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri untuk berhalalbihalal, di Jakarta, Rabu (5/6/2019). - ANTARA FOTO/Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil menyepakati koalisi di beberapa daerah pada Pilkada mendatang.

Airlangga mengungkapkan Partai Golkar dalam Pilkada ini memiliki 33 pasangan bersama dengan Partai Demokrat.

"Ada potensi [koalisi] di 31 daerah lain,” kata Airlangga kepada wartawan selepas pertemuan, Kamis (25/6/2020).

Airlangga mengatakan pertemuannya dengan AHY membicarakan bagaimana bekerja sama di level provinsi atau kabupaten/ kota. Menurutnya, karena kondisi multipartai, maka wajar gubernur, bupati dan walikota berangkat dari partai yang berbeda.

Koalisi pun, tambah Airlangga, tidak terbatas hanya dengan partai yang mendukung pemerintah di tingkat pusat. Namun juga dengan partai di luar pemerintah, sebagaimana menjadi sikap Demokrat saat ini.

View this post on Instagram

Malam ini, bersama jajaran pimpinan DPP Partai Demokrat saya melakukan silaturahmi politik ke kantor DPP Partai Golkar. Kami diterima dengan sangat baik oleh Ketua Umum Partai Golkar, Bapak Airlangga Hartarto beserta para pemimpin dan jajaran pengurus Partai Golkar lainnya. Silaturahmi ini merupakan kunjungan partai resmi pertama setelah saya terpilih menjadi Ketua Umum pada bulan Maret lalu. Dalam pertemuan tadi, terdapat dua agenda utama yang kami diskusikan. Pertama adalah terkait perkembangan Covid-19 dan situasi ekonomi nasional. Yang kedua adalah terkait Pilkada 2020 dan kemungkinan koalisi partai ke depan. Secara historis dan ideologis, Partai Demokrat dan Partai Golkar memiliki kesamaan cara pandang dan kedekatan yang cukup baik. Kedua partai sama-sama bernafaskan ideologi nasionalis. Kita juga pernah berkoalisi dalam dua periode kepemimpinan Presiden SBY. Tentunya, hal ini sangat baik untuk dapat dikembangkan ke depan. Meskipun saat ini Partai Demokrat tidak masuk dalam pemerintahan, namun kami sepakat, bahwa dalam situasi krisis tentu persatuan harus diutamakan. Walaupun masing-masing Partai Politik mempunyai pandangan dan persepsi yang mungkin berbeda-beda, namun pada akhirnya, kita harus berada dalam satu tujuan besar, yaitu memperjuangkan harapan dan kepentingan rakyat. Semoga semangat kerja sama kedua Partai ke depan semakin membawa maslahat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Terima kasih Pak Airlangga dan para sahabat Golkar.

A post shared by Agus Yudhoyono (AHY) (@agusyudhoyono) on

“Ini tidak hanya tertutup kepada partai yang ada di pemerintahan. Tapi partai yang juga di luar pemerintahan pada saat sekarang,” ucap Menteri Koordinator Perekonomian ini.

AHY mengatakan kunjungan kali ini ke markas Golkar adalah untuk membangun sinergi. Agar di daerah-daerah yang potensial dapat terbangun hubungan yang baik antar kedua partai, dan kandidat yang diusung.

“Mudah-mudahan di berbagai daerah yang kami anggap potensial dan memiliki chemistry yang baik antara kandidat yang kami usung jika itu menjadi kebaikan maka bisa kami bangun koalisi yang baik di daerah,” ujar AHY.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai demokrat partai golkar agus harimurti airlangga hartarto

Sumber : Tempo

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top