Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PM Selandia Baru Ardern Kembali Memimpin Poling Jelang Pemilihan

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern terus memimpin elektabilitas terhadap oposisi menjelang pemilihan pada September mendatang.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  18:23 WIB
Perdana menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. - guardian
Perdana menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. - guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern terus memimpin elektabilitas terhadap oposisi menjelang pemilihan pada September mendatang.

Berdasarkan poling 1News/Colmar Brunton, partai pendukung Ardern, elektabilitas Partai Buruh sebesar 50 persen, atau turun dari 59 persen dalam survei yang sama sebelumnya. Sebaliknya, elektabilitas partai oposisi yakni Partai Nasional sebesar 38 persen atau naik dari 29 persen.

Poling ini diselenggarakan pada 20-24 Juni dengan tingkat error sekitar 3,1 persen.

Dilansir Bloomberg, Kamis (25/6/2020), dukungan kepada Ardern kemungkinan sedikit menurun akibat pelonggaran di pintu perbatasan yang memperbolehkan dua perempuan yang terdeteksi Covid-19 keluar dari karantina untuk menghadiri pemakaman keluarganya.

Sementara itu, kenaikan elektabilitas partai oposisi juga terpacu akibat pergantian pemimpinannya dari Simon Bridges menjadi Todd Muller.

Jika hasil poling tersebut direplikasi, maka Ardern bisa kembali memimpin Selandia Baru tanpa bantuan partai lainnya. Namun, hal itu tidak dimungkinkan di negara yang menganut sistem pemilihan proporsional ini karena kepemimpinan siapapun masih membutuhkan koalisi bagi partai pemenang.

Koalisi Partai Buruh saat ini, New Zealand First, hanya memiliki elektabilitas 2 persen, atau di bawah 5 persen untuk mengisi kursi di parlemen. Sebaliknya, elektabilitas koalisi partai oposisi yakni Partai Green sebesar 6 persen yang memungkinkan memberi dukungan lebih besar kepada oposisi.

   

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

selandia baru partai buruh

Sumber : Bloomberg

Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top