Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Manfaat MUI Fatwakan Korban Meninggal Covid-19 Dihukumi Syahid

Majelis Ulama Indonesia (MUI) ingin agar jenazah diurus dengan layak atau sesuai dengan syariah Islam.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  14:50 WIB
Majelis Ulama Indonesia (MUI)
Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Bisnis.com, JAKARTA - Melalui fatwa nomor 18 tahun 2020 muslim yang meninggal karena virus corona penyebab  Covid-19 dihukumi syahid.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) ingin agar jenazah diurus dengan layak atau sesuai dengan syariah Islam.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan alasan diterbitkannya fatwa tersebut adalah karena ada sebagian kecil kelompok masyarakat yang enggan atau menolak memakamkan jenazah korban Covid-19 lantaran tidak memahami dan takut tertular.

"Yang pertama yang disampaikan di dalam fatwa itu adalah menjawab kekhawatiran keluarga korban yakni ditegaskan bahwa seseorang yang terkena Covid-19 kemudian melalui proses pengobatan dan takdir Allah berkehendak lain menyebabkan kematian bagi jenazah maka jenazah tersebut secara syar'i dihukum sebagai syahid," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Hal tersebut memberikan dua manfaat yaitu penegasan keagamaan bahwa di satu sisi manusia perlu berikhtiar untuk mencegah, menangani, dan mengobati jika terkena wabah, tetapi pada tetap kekuasaan mutlak Allah yang menentukan hidup dan mati manusia.

Jika seseorang meninggal dalam keadaan syahid, maka dia diampuni dosanya dan diyakini masuk surga.

Adapun hak duniawi jenazah untuk dimakamkan secara syariah wajib dipenuhi oleh orang yang masih hidup seperti dimandikan, dikafani, disalatkan, dan dimakamkan.

Kedua, adalah untuk memberi kebesaran jiwa dan hati bagi keluarga yang selama ini tertekan secara kesehatan dan sosial karena stigma negatif bagi korban Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

majelis ulama indonesia covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top