Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bertemu Purnawirawan TNI-Polri, Jokowi Bahas Masalah Kebangsaan

Jokowi bertemu dengan Puraniwaran TNI-Polri untuk tukar pendapat serta menerima aspirasi mengenai masalah-masalah kebangsaan.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 19 Juni 2020  |  18:28 WIB
Presiden Joko Widodo menerima purnawirawan TNI-Polri dan legiun veteran Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/6/2020). Biro Pers Seretariat Presiden - Muclis Jr.
Presiden Joko Widodo menerima purnawirawan TNI-Polri dan legiun veteran Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/6/2020). Biro Pers Seretariat Presiden - Muclis Jr.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menerima purnawirawan TNI-Polri dan legiun veteran Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/6/2020).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD yang turut serta dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk tukar pendapat serta menerima aspirasi mengenai masalah-masalah kebangsaan.

Mahfud menjelaskan dari sekian banyak hal yang dibicarakan, ideologi Pancasila menjadi fokus pembicaraan yang belakangan menjadi diskursus publik yang hangat.

"Tadi didiskusikan dengan Bapak Presiden, legiun veteran dan purnawirawan TNI itu menyampaikan usul-usul yang sifatnya konkret. Tetapi prinsipnya sama antara Presiden dan kita semua yang hadir tadi bahwa Pancasila itu adalah ideologi yang sudah final," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (19/6/2020).

Payung hukum terhadap hal tersebut, Mahfud melanjutkan, juga sangat kuat. Saat ini ada Tap MPRS Nomor 25 Tahun 1966 yang berlaku mutlak karena sudah dikunci keberlakuannya oleh Tap MPR Nomor 1 Tahun 2003.

“Pada masalah itu sama semuanya, sependapat. Pancasila itu adalah Pancasila yang ada di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tanggal 18 Agustus," tandasnya.

Dalam pertemuan dengan para purnawirawan TNI dan Polri serta legiun veteran tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Adapun, purnawirawan yang hadir antara lain, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Saiful Sulun, Wakil Ketua Umum LVRI Bantu Hardjijo, Sekretaris Jenderal LVRI FX Soejitno, Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Udara Djoko Suyanto, dan Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri Soekarno.

Selain itu hadir pula Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat Kiki Syahnakri, Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat Toni Hartono, Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri Bambang Darmono, Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut Ade Supandi, dan Ketua Persatuan Purnawirawan Polri Bambang Hendarso Danoeri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mahfud md pancasila
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top