Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Asean Summit 2020, Menlu Retno: Pembahasan Covid-19 Jadi Fokus

Pada Asean Summit tahun-tahun sebelumnya, agenda yang dibahas antara lain terkait pembangunan komunitas di Asia Tengara dan hubungan eksternal.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 18 Juni 2020  |  20:53 WIB
Dokumentasi - Seorang wanita berjalan melewati spanduk di tempat KTT Asean  di Bangkok, Thailand 21 Juni 2019. - Reuters
Dokumentasi - Seorang wanita berjalan melewati spanduk di tempat KTT Asean di Bangkok, Thailand 21 Juni 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Perhelatan besar Asean Summit ke-36 bakal mengutamakan pembahasan terkait pandemi Covid-19 ketimbang isu tentang kawasan.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers, Kamis (18/6/2020).

Pada Asean Summit tahun-tahun sebelumnya, agenda yang dibahas umumnya terkait pembangunan komunitas di Asia Tengara, hubungan eksternal, langkah ke depan, dan juga rencana aksi pada tingkat regional dan internasional isu.

"[Strategi] menghadapi pandemi akan menjadi prioritas tinggi untuk pembahasan Asean Summit," katanya.

Vietnam, sebagai Ketua Asean pada tahun ini, hingga sekarang belum menginformasikan agenda pertemuan tersebut. Isu ini akan dibahas secara inline dengan kepemimpinan Vietnam yang mengangkat tema besar kohesif dan responsif.  

"Agenda akan melingkupi semua isu yang harus dibahas oleh kepala negara mengenai progres Asean community building, kerja sama dialog, dan juga diskusi perkembangan terkini masalah tertentu di regional dan tingkat global," ujarnya saat konferensi pers, Kamis (18/6/2020).

Dalam kesempatan sebelumnya, Dirjen Kerja Sama Asean Kementerian Luar Negeri Jose Antonio Morato Tavares mengatakan pelaksanaan Asean Summit alan dilaksanakan secara virtual pada 26 Juni 2020.

Kemungkinan besar, Presiden Joko Widodo akan mengangkat isu penanganan Covid-19 dan pemulihan pascapandemi.

Selain itu, pembahasan juga akan meliputi pengajuan aplikasi sejumlah negara untuk menjadi mitra penuh ataupun mitra sektoral Asean.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenlu asean ktt asean
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top