Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Wilayah di Indonesia Yang Bisa Amati Gerhana Matahari Cincin. Ini Waktu Tepatnya

Gerhana yang teramati dari Maluku Utara berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,323 di Bobong hingga 0,486 di Daruba.
Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020./BMKG
Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020./BMKG

Maluku, Papua dan Aceh

Maluku Utara

Gerhana yang teramati dari Maluku Utara berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,323 di Bobong hingga 0,486 di Daruba. Gerhana di Maluku Utara akan dimulai pada pukul 16.29 WIT, puncak gerhana terjadi pada pukul 17.34 WIT, dan gerhana akan berakhir pada pukul 18.30 WIT. Durasi gerhana yang teramati di Maluku Utara rata-rata adalah 1,94 jam.

Maluku

Gerhana yang teramati dari Maluku berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,192 di Tiakur hingga 0,369 di Bula. Gerhana di Maluku akan dimulai pada pukul 16.39 WIT, puncak gerhana terjadi pada pukul 17.35 WIT, dan gerhana akan berakhir pada pukul 18.26 WIT. Peristiwa kontak akhir tidak akan teramati di Ambon, Piru, Masohi, Bula, Saumlaki, Langgur, Tual, dan Dobo karena Mataharinya telah terbenam sebelum peristiwa ini terjadi. Durasi gerhana yang teramati di Maluku rata-rata adalah 1,54 jam.

Papua Barat

Gerhana yang teramati dari Papua Barat berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,396 di Kaimana hingga 0,477 di Manokwari. Gerhana di Papua Barat akan dimulai pada pukul 16.34 WIT dan puncak gerhana terjadi pada pukul 17.36 WIT. Peristiwa kontak akhir tidak akan teramati di Papua Barat karena Mataharinya telah terbenam sebelum peristiwa ini terjadi. Rata-rata durasi gerhana, yang terhitung sejak kontak awal hingga matahari terbenam di semua kota di Papua Barat, adalah 1,58 jam.

Papua

Gerhana yang teramati dari Papua berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,397 di Agats hingga 0,504 di Sorendiweri. Gerhana di Papua akan dimulai pada pukul 16.36 WIT dan puncak gerhana terjadi pada pukul 17.37 WIT. Peristiwa puncak gerhana tidak akan teramati di Jayapura, Kepi, Sumohai, Tanah Merah, Merauke, Sentani, Oksibil, dan Waris karena sebelum fase ini terjadi, Matahari terbenam lebih dahulu. Karena itu data magnitudo di semua kota ini ditandai dengan tanda kurung. Peristiwa kontak akhir tidak akan teramati di Papua karena Mataharinya telah terbenam sebelum peristiwa ini terjadi. Rata-rata durasi gerhana yang teramati di Papua, yang terhitung sejak kontak awal hingga matahari terbenam di semua kota di Papua, adalah 1,09 menit.

Daerah Istimewa Aceh

Gerhana yang teramati dari Aceh berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,136 di Sinabang hingga 0,231 di Sabang. Gerhana di Aceh akan dimulai pada pukul 13.16 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 14.40 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 15.48 WIB. Durasi gerhana yang teramati di Aceh rata-rata adalah 2,23 jam.

Itulah jadwal GMC di masing-masing provinsi. Ada yang terlewat tidak? Oh iya, BMKG juga mencatat bahwa khusus untuk Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta GMC 21 Juni 2020 tidak akan teramati di semua kota dan kabupaten yang berada di provinsi tersebut. Sabar ya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Sulawesi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper