Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fenomena Bulan Bercincin, Bikin Warganet Takjub

Bulan bercincin yang terjadi di sebagian langit Jawa Timur membuat warganet takjub akan peristiwa alam ini.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  11:45 WIB
Fenomena alam bulan bercincin. - Instagram
Fenomena alam bulan bercincin. - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena bulan bercincin bikin warga Jawa Timur yang mendokumentasikan peristiwa tersebut terpukau.

Warga mendokumentasikan bulan bercincin menggunakan smartphone pada Selasa (2/6/2020) malam. Tampak bulan yang dikelilingi oleh lingkaran putih dan samar-samar tampak warna pelangi pada lingkaran tersebut.

Apakah penyebab bulan bercincin? Cincin pelangi yang mengelilingi bulan terkadang disebut dengan cincin halo atau dikenal juga dengan gloriole atau icebow.

Cincin halo adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya selebar 22 derajat di sekitar bulan atau matahari, kadang juga terjadi pada sumber cahaya lain seperti lampu.

fenomena bulan bercincin

Umumnya, cincin halo bisa muncul karena kristal es pada awan cirrus yang dingin, yang berada pada ketinggian 5 sampai 10 km dari permukaan bumi atau tepatnya di lapisan atas troposfer.

Adapun cincin pelangi yang dilihat oleh masyarakat berasal dari pembiasan cahaya. Namun, cincin halo yang tersebut di daerah yang terlihat di daerahmu, bisa juga dilihat di daerah lain. Sebab, itu terjadi kristal es di tiap-tiap.

bulan bercincin juni 2020

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bulan cincin fenomena
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top