Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Masuk Tangsel Wajib Pakai SIKM, Begini Cara Membuatnya

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mewajibkan masyarakat yang beraktifitas di wilayahnya untuk memiliki surat izin keluar masuk (SIKM) seiring perpanjangan PSBB hingga 14 Juni 2020.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 02 Juni 2020  |  22:59 WIB
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. - ANTARA/Reno Esnir
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. - ANTARA/Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangesel) mewajibkan masyarakat yang masuk atau keluar dari wilayahnya mengantongi surat izin keluar masuk (SIKM).

Surat izin ini merupakan dampak lanjutan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangerang Selatan yang diperpanjang hingga 14 Juni 2020.

Dilansir dari laman https://simponie.tangerangselatankota.go.id/, Selasa (2/6/2020), SKIM Tangsel diberikan kepada warga yang karena tugas dan pekerjaannya diberikan izin untuk beroperasi selama masa Pandemi Covid-19.

Pelayanan perizinan ini juga diberikan untuk warga yang perlu bepergian masuk atau keluar Kota Tangerang Selatan karena kondisi emergency, antara lain seperti sakit atau keluarga meninggal,” ulas laman Simponie.

Meski mewajibkan SIKM, ditegaskan bawah masyarakat yang berdomisili di Jabodetabek dan berpergian di dalam wilayah Jabodetabek tidak memerlukan perizinan ini.

Sedangkan sektor usaha yang diizinkan bepergian dan beroperasi selama masa PSBB adalah bidang kesehatan, bahan pangan makanan atau minuman, energi, komunikasi dan teknologi dan informatika, serta keuangan.

Bidang lainnya yakni, terkait logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu, serta pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Langkah untuk mengurus SKIM Tangsel, dilakukan dengan cara

 

  1. Buka situs www.simponie.tangerangselatankota.go.id
  2. Klik tombol “Urus SIKM”
  3. Persiapkan berkas persyaratan
  4. Isi formulir permohonan
  5. Cek secara berkala pengajuan perizinan
  6. Cetak dokumen.

Dalam pengurusan surat izin keluar masuk Tangerang Selatan ini maka masyarakat harus membuat surat pengantar dari RT dan RW yang formatnya sudah disediakan. Lainnya dibutuhkan surat pernyatan sehat di atas materai, selain itu dibutuhkan surat dukungan seperti surat tugas dari perusahaan tempat bekerja.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona tangsel airin rachmi diany Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top