Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Vaksin Virus Corona, Bill Gates: Dunia Kembali Normal, Tidak Dalam Waktu Dekat

Tugas manusia yang paling dan sangat mendesak saat ini adalah menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) untuk mengembalikan dunia ke situasi normal.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 02 Mei 2020  |  02:35 WIB
Bill Gates mengungkapkan bahwa dunia sedang membutuhkan vaksin virus corona dengan tingkat kemanjuran 100 persen - Istimewa
Bill Gates mengungkapkan bahwa dunia sedang membutuhkan vaksin virus corona dengan tingkat kemanjuran 100 persen - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bill Gates memproyeksikan bila vaksin virus corona (Covid-19) diciptakan dengan sempurna, maka dunia bisa kembali normal.

Dia mengungkapkan bahwa tugas manusia yang paling mendesak adalah menciptakan kekebalan virus corona bagi masyarakat luas.

Salah satu pertanyaan yang paling sering Bill Gates tanyakan adalah kapan dunia akan dapat kembali ke keadaan semula, sebelum virus corona pada Desember terjadi.

"Jawaban saya selalu sama: ketika hampir setiap orang di planet ini telah divaksinasi terhadap virus corona. Sayangnya, ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat," tulis Bill Gates dalam blognya seperti dikutip pada Jumat (1/5/2020).

Dia mengungkapkan bahwa dunia membutuhkan perawatan ajaib yang setidaknya 95 persen efektif untuk menghentikan wabah. Sebagian besar kandidat obat saat terdengar cukup kuat dan berpotensi menyelamatkan banyak nyawa, tetapi mereka tidak cukup untuk membuat kita kembali normal.

Manusia tidak pernah memiliki tugas yang lebih mendesak daripada menciptakan kekebalan luas untuk virus corona. Secara realistis, jika dunia ingin kembali normal, manusia perlu mengembangkan vaksin yang aman dan efektif.

"Kita perlu membuat miliaran dosis, kita harus mengeluarkannya ke setiap bagian dunia, dan kita perlu semua ini terjadi secepat mungkin. Kedengarannya menakutkan, karena memang begitu. Yayasan kami adalah pemberi dana vaksin terbesar di dunia, dan upaya ini mengerdilkan apa pun yang pernah kami kerjakan sebelumnya."

Bill Gates mengungkapkan bahwa pembuatan vaksin virus corona ini membutuhkan kerja sama global seperti yang belum pernah dilihat dunia. Namun hal tersebut tidak akan selesai cepat dan tidak ada alternatif.

"Inilah yang perlu Anda ketahui tentang perlombaan untuk membuat vaksin Covid-19. Dunia sedang menciptakan vaksin ini dengan jadwal waktu yang cepat secara historis."

Update Covid-19 Dunia: Kematian di Inggris Melonjak 765 Orang ...
Dunia sedang berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona. Kini calon vaksin sedang dalam tahap uji coba ke manusia./ilustrasi

Durasi Menciptakan Vaksin Baru

Anthony Fauci mengatakan dia pikir perlu sekitar 18 bulan untuk mengembangkan vaksin coronavirus. "Saya setuju dengan dia, meskipun mungkin hanya 9 bulan atau selama dua tahun."

Meskipun 18 bulan mungkin terdengar seperti waktu yang lama, ini akan menjadi yang tercepat para ilmuwan telah menciptakan vaksin baru. Biasanya, pengembangan vaksin memakan waktu sekitar lima tahun.

Setelah Anda memilih suatu penyakit untuk ditargetkan, Anda harus membuat vaksin dan mengujinya pada hewan. Kemudian Anda mulai menguji keamanan dan kemanjuran pada manusia.

Keamanan dan kemanjuran adalah dua tujuan paling penting untuk setiap vaksin. Keselamatan seperti apa itu: apakah vaksin aman untuk diberikan kepada orang-orang? Dengan memperhatikan beberapa efek samping kecil (seperti demam ringan atau nyeri di tempat suntikan) dapat diterima, tetapi Anda tidak ingin menyuntik orang dan membuat mereka sakit.

Dengan mengukur kemanjuran vaksin, maka Anda bisa melihat seberapa ampuh vaksin virus Corona melindungi Anda dari sakit.

Idealnya, setiap orang menginginkan kemanjuran vaksin hingga 100 persen, banyak juga tidak.  Sebagai contoh, vaksin flu tahun ini hanya efektif sekitar 45 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bill gates vaksin Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top