Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres Ma'ruf: Puasa Melatih Kesabaran Hadapi Covid-19

Pada Ramadan kali ini, Wapres Ma'ruf Amin menyatakan masyarakat harus bersabar tidak keluar rumah dan menjaga jarak fisik demi mencegah penularan Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 29 April 2020  |  12:38 WIB
Wapres Maruf Amin (tengah) didampingi Menhub Budi Karya Sumadi (kanan) berbincang dengan Bupati Lebak Iti Oktavia (kiri) saat meninjau Stasiun Kereta Api Serang di Serang, Banten, Kamis (30/1/2020). Peninjauan dilakukan dalam rangka persiapan langkah elektrifikasi untuk memperluas layanan kereta api listrik (KRL) Commuter Line hingga Kota Serang serta revitalisasi rel kereta Rangkasbitung - Labuan.  - Antara
Wapres Maruf Amin (tengah) didampingi Menhub Budi Karya Sumadi (kanan) berbincang dengan Bupati Lebak Iti Oktavia (kiri) saat meninjau Stasiun Kereta Api Serang di Serang, Banten, Kamis (30/1/2020). Peninjauan dilakukan dalam rangka persiapan langkah elektrifikasi untuk memperluas layanan kereta api listrik (KRL) Commuter Line hingga Kota Serang serta revitalisasi rel kereta Rangkasbitung - Labuan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma`ruf Amin menyebut puasa mengajarkan seseorang pada kesabaran. Dalam kondisi saat ini, kesabaran menjadi sesuatu yang penting karena masyarakat tengah menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19).

Dalam konteks kekinian selain bersabar menahan makan dan minum saat terbit fajar hingga terbenam matahari, masyarakat juga mesti bersabar dengan tidak keluar rumah dan menjaga jarak fisik demi mencegah penularan pandemi tersebut.

“Dan ini saya kira ujian orang puasa sekarang, diuji lagi dan diminta ada penambahan kesabaran, termasuk juga untuk tidak tarawih di luar rumah, tidak berjamaah di masjid karena itu di daerah-daerah yang memang merah, pusat-pusat penyebaran virus maka tarawih juga ditiadakan, bahkan salat Jumat juga ditiadakan,” katanya melalui keterangan resmi Setwapres, Rabu (28/4/2020).

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan bahwa momen Ramadan kali ini juga dapat dijadikan sebagai pengingat dan peningkat kesabaran serta keikhlasan seluruh umat untuk menjaga diri dan menghindari bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.

Upaya ini diperlukan agar puasa yang dikerjakan tidak hanya membawa manfaat bagi seorang individu, tetapi juga bagi orang lain di sekitarnya.

“Oleh karenanya, maka di dalam bulan Ramadan ini mari kita tingkatkan kesabaran kita, keikhlasan kita, supaya puasa kita itu juga selain mempunyai nilai ibadah tetapi juga mempunyai nilai sosial, nilai menjaga hubungan pergaulan,” ujarnya.

Sementara itu, Wapres berharap agar puasa tahun ini dapat memiliki nilai tambah dari puasa-puasa sebelumnya. Dia mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Puasa kali ini adalah puasa yang dapat memberikan pengaruh besar di dalam kehidupan kita di masyarakat, terutama dalam menjaga penyebaran Covid-19 yang sangat berbahaya dan merusak kesehatan masyarakat,” ujar Ma'ruf.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona wapres ma'ruf amin covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top