Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tidak Ingin Riya, Sumbangan BI untuk Covid-19 Capai Rp101,4 Miliar

Sumbangan tersebut disalurkan untuk Gugus Tugas Covid-19, RS di berbagai wilayah, masyarakat kurang mampu dan pihak lain yang membutuhkan.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 29 April 2020  |  09:58 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Selasa (14/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Selasa (14/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Bank sentral Tanah Air memobilisasi sumbangan kemanusian bagi Covid-19 yang jumlahnya mencapai Rp101,4 miliar.

Gubernur Bank Indonesia (BI) mengungkapkan dirinya sebenarnya enggan membuka data ini karena tidak ingin riya. Tetapi banyak pihak yang menanyakan soal ini.

"Nah, selama ini, BI sudah banyak melakukan kepedulian sosial. Sengaja tidak umumkan," tegas Perry dalam virtual briefing, Kamis (29/4/2020).

Total dana tersebut dikumpulkan dari PSBI sebesar Rp77,8 miliar dan mobilisasi gaji dan THR dewan gubernur, pimpinan serta pegawai mencapai Rp20,6 miliar dan ikatan pegawai mencapai Rp1,3 miliar.

Selain itu, dia menambahkan BI menerima sumbangan dari umat Hindu dan Budha sebesar Rp1,7 miliar.

"Setelah ditotal Rp101,4 miliar, kami akan salurkan untuk membantu bagaimana para relawan kita yang menangani Covid-19 dan masyarakat terkena dampak," kata Perry.

Untuk Gugus Tugas, BI merencanakan penyaluran sebesar Rp13,8 miliar. Kemudian, BI akan menyalurkan kebutuhan rapid test, APD dan ventilator ke berbagai RS di Jakarta dan wilayah lain di Indonesia senilai Rp24,3 miliar

Sementara itu, penyaluran bagi masyarakat kurang mampu mencapai Rp52,1 miliar. BI juga menyalurkan sumbangan bagi karyawan BI yang honorer yang selama ini mendukung kinerja bank sentral dan juga ada beberapa pensiunan BI di golongan bawah akan disalurkan sebanyak Rp11,2 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top