Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia Minta Berbagai Negara Akhiri Pasar Hewan Liar

Australia meminta negara-negara anggota G20 untuk mengakhiri pasar basah yang menjual daging hewan liar karena lokasi itu mengancam kesehatan manusia dan pasar pertanian.
Pasar seafood Huanan di Wuhan, China./Bloomberg
Pasar seafood Huanan di Wuhan, China./Bloomberg

Bisnis.com, SYDNEY – Australia meminta negara-negara anggota G20 untuk mengakhiri pasar basah yang menjual daging hewan liar karena lokasi itu mengancam kesehatan manusia dan pasar pertanian.

Langkah itu kemungkinan akan memperburuk hubungan dengan China setelah Canberra meminta agar penyelidikan internasional digelar pada penularan virus corona, yang kini menjadi pandemi global.

Menteri Pertanian David Littleproud pada Kamis (23/4/2020) menyebut bahwa dia telah meminta pejabat pemerintahan negara-negara G20 untuk mendukung rencana mengakhiri pasar basah tersebut.

"Ada sejumlah risiko pada pasar basah hewan liar dan bisa menjadi risiko besar bagi industri pertanian kita serta kesehatan publik," kata Littleproud dalam wawancara di stasiun televisi Channel 7.

Pandemi Covid-19 berasal dari China, dipercaya mulai menyebar di pasar basah hewan liar di kota Wuhan yang merupakan episentrum wabah. Pasar basah di China menjadi aspek kunci keseharian masyarakat di sana, meskipun tidak semua menjual daging hewan liar.

Littleproud tidak menyebut langsung soal China, tapi dia mengeluarkan pernyataan itu setelah Australia meminta agar penyelidikan internasional dilakukan terhadap awal dan penanganan pandemi virus corona.  

China sendiri pada Januari memberlakukan pelarangan sementara bagi penjualan hewan liar dan kini tengah mengkaji regulasi untuk membatasi jual beli tersebut secara permanen.

Perdana Menteri Scott Morrison, dalam cuitan di Twitter pada Rabu (22/4), menyebut bahwa dia membicarakan isu penyelidikan terkait pandemi Covid-19 dalam percakapan telepon dengan Presiden AS Donald Trump dan sejumlah pemimpin negara berpengaruh.

Berhubungan dengan itu, pejabat pemerintahan AS juga mengajukan permintaan yang sama dengan Australia, yakni penutupan pasar basah hewan liar di wilayah Asia.

Sementara itu, Prancis dan Inggris mengatakan bahwa saat ini merupakan waktu untuk melawan virus corona, bukan menunjuk siapa yang melakukan kesalahan.

China menuduh para pembuat kebijakan Australia justru hanya mengikuti instruksi dari pemerintah AS mengenai aspek itu.

China adalah rekan dagang terbesar Australia, namun hubungan diplomatik kedua negara mengalami ketegangan dalam beberapa tahun belakangan di tengah tuduhan bahwa China melakukan serangan siber dan berupaya mencampuri urusan dalam negeri Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper