Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inggris Bersiap Uji Coba Pengobatan Pasien Covid-19 dengan Plasma Darah

NHS Blood dan Transplant (NHSBT) tengah meminta beberapa orang yang pulih dari infeksi virus ini untuk mendonorkan darah sehingga mereka bisa melakukan percobaan.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 20 April 2020  |  15:02 WIB
donor darah, ilustrasi - pmi.or.id
donor darah, ilustrasi - pmi.or.id

Bisnis.com, JAKARTA--Inggris tengah bersiap menggunakan darah orang yang sembuh dari infeksi virus Corona baru atau Covid-19 untuk mengobati pasien yang menderita virus tersebut.

Dilansir dari BBC.com, NHS Blood dan Transplant (NHSBT) tengah meminta beberapa orang yang pulih dari infeksi virus ini untuk mendonorkan darah sehingga mereka bisa melakukan percobaan.

Mereka berharap antibodi yang telah terbangun dalam darah orang yang sembuh dari infeksi Covid-19 dapat membersihkan virus tersebut pada orang lain.

Ketika seseorang memiliki Covid-19, maka sistem kekebalan tubuh mereka merespons dengan menciptakan antibodi yang menyerang virus.

Lama-kelamaan antibodi ini akan menumpuk dan dapat ditemukan dalam plasma, bagian cair dari darah.

"Semua uji klinis harus mengikuti proses persetujuan yang ketat untuk melindungi pasien dan memastikan hasil yang kuat dihasilkan. Kami bekerja sama dengan pemerintah dan semua badan terkait untuk bergerak melalui proses persetujuan secepat mungkin," kata NHSBT dalam pernyataannya pada Senin (20/4/2020).

NHSBT menyebutkan pihaknya juga akan mencari tahu apakah langkah transfusi plasma orang yang sembuh dari infeksi virus dapat meningkatkan kecepatan pemulihan pasien Covid-19 dan berpeluang untuk bertahan hidup.

Saat ini, beberapa kelompok di Inggris telah meneliti penggunaan plasma darah.
University Hospital of Wales (UHW) di Cardiff mengumumkan pada minggu ini bahwa mereka ingin menguji coba teknologi tersebut.

Professor Sir Robert Lechler, President Academy of Medical Sciences dan Executive Director King's Health Partners, yang meliputi King's College London dan tiga rumah sakit besar di London juga berharap untuk membuat percobaan skala kecil lainnya.

Dirinya ingin menggunakan plasma untuk pasien yang sakit parah, dan tidak memiliki pilihan pengobatan lain.

"Saya akan kecewa jika kita tidak dapat melihat beberapa pasien diberikan bentuk terapi ini dalam beberapa minggu. Mari kita berharap bahwa uji coba nasional NHSBT berjalan dengan sangat cepat," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

darah Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top