Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KBRI Polandia Bantu 18 WNI Pulang ke Indonesia

Ekonomi Polandia cukup terdampak pandemi virus corona, sehingga banyak Warga Negara (Indonesia) WNI yang memilih pulang ke Indonesia untuk sementara waktu.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 18 April 2020  |  01:19 WIB
KBRI Warsawa memfasilitasi kepulangan 18 Warga Negara Indonesia (WNI) ke Indonesia dari Polandia menyusul besarnya dampak pandemi virus corona terhadap ekonomi negara Eropa Tengah itu. - Antara
KBRI Warsawa memfasilitasi kepulangan 18 Warga Negara Indonesia (WNI) ke Indonesia dari Polandia menyusul besarnya dampak pandemi virus corona terhadap ekonomi negara Eropa Tengah itu. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Kedutaan Besar Republik Indonesia di Warsawa, Polandia memfasilitasi kepulangan 18 orang Warga Negara Indonesia (WNI) ke Indonesia.

Hal ini dilakukan sejalan dengan makin sulitnya situasi ekonomi di Polandia. Sejumlah perusahaan di negara Eropa Tengah itu telah berhenti beroperasi karena terdampak pandemi Covid-19, antara lain yang bergerak di sektor perhotelan, pemotongan ayam, dan industri well-being.

Para WNI tersebut terbang dari Amsterdam, Belanda menuju Denpasar pada Jumat (17/4/2020) waktu setempat. Seperti dilansir Antara, Jumat (17/4), pemulangan ini dilakukan lewat kerja sama KBRI Warsawa dengan KBRI Berlin dan KBRI Den Haag.

Kepala Fungsi Ekonomi KBRI Warsawa Taufiq Lamsuhur menjelaskan lantaran proses pemulangan dilakukan di tengah penutupan perbatasan dengan negara-negara tertentu, maka diperlukan koordinasi lebih erat dengan pihak keamanan, imigrasi, dan satgas sanitary di negara akreditasi dan negara-negara yang dilewati, khususnya Jerman dan Belanda. Dia mengungkapkan beberapa WNI itu bertekad kembali ke Polandia apabila ekonomi sudah membaik dan wabah virus corona sudah selesai.

Duta Besar Indonesia di Polandia Siti Nugraha Mauludiah mengungkapkan ekonomi Polandia cukup terpukul akibat pandemi Covid-19. Selain sektor-sektor yang tadi disebutkan, sektor lain yang juga terdampak adalah industri otomotif, elektronik, perusahaan logistik, dan industri garmen.

Namun, beberapa sektor lain seperti farmasi, industri alat-alat kesehatan, pertanian (pangan), dan e-commerce justru mengalami peningkatan aktivitas.

Adapun para Pekerja Migran Indonesia (PMI) banyak bergerak di sektor informal, seperti spa/terapi, pemotongan unggas, logistik dan pengepakan, serta welder (pengelasan) di perusahaan perkapalan dan alat-alat berat.

“Saya optimistis, ekonomi Polandia akan kembali rebound karena fundamental ekonomi yang kuat dan komitmen yang tinggi dari semua level masyarakat untuk memerangi wabah Covid-19 dan harmonisasi paket kebijakan ekonomi ” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polandia Virus Corona
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top