Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Indonesia Akan Kembali ke Situasi Normal, Ini Syaratnya

Indonesia bisa kembali ke kondisi normal seperti saat sebelum terjadi wabah Corona jika memenuhi satu syarat penting, yakni disipilin masyarakat.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 14 April 2020  |  19:35 WIB
Indonesia Akan Kembali ke Situasi Normal, Ini Syaratnya
Ilustrasi-Petugas gabungan melaksanakan pengawasan dalam Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jalan Ciledug Raya, Jakarta, Jumat (10/4/2020). Kegiatan pelaksanaan pengawasan PSBB itu dilakukan untuk mengingatkan kewajiban warga untuk memakai masker dan aturan penumpang dalam satu kendaraan. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia bisa kembali ke kondisi normal seperti saat sebelum terjadi wabah Corona jika memenuhi satu syarat penting, yakni disipilin masyarakat.

Hal itu disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjawab pertanyaan wartawan dalam video conference, Selasa (14/4/2020) malam.

"Tergantung disiplin kita semua. Kalau kita displin ya bisa lebih cepat. Tapi masih banyak juga yang enggak disiplin, ini masalah sendiri," ujar Luhut.

Menurut Luhut inilah momentum bagi bangsa ini melihat bahwa wabah yang terjadi saat ini merupakan musuh bersama. "Terlepas pangkat, jabatan, suku, agama, segala macam. Dia [virus] tidak memilih-milih siapa saja bisa kena."

Luhut menegaskan jika kita bisa mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan, kondisi normal bisa lebih cepat tercapai.

"Saya mita tokoh masyarakat jangan provokasi yang aneh-aneh dan membuat pertentangan," ujar Luhut.

Luhut mengutip pendapat yang menyebutkan bahwa stres membuat dampak yang tidak bagus untuk imunitas.

"Jadi harus gembira, happy semua. Jadi tokoh agama, influencer, apalah itu, ayo ngomong bahwa bangsa ini harus bersatu menghadapi Covid ini. Kalau rakyat kita di bawah kan ikut saja pada pemimpin-pemimpinnya. Pemimpin ini harus bijak dalam hal ini," ujar Luhut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Luhut Pandjaitan
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top