Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program MPR RI Peduli Lawan Covid-19 Diluncurkan

Program ini merupakan kolaborasi dari sejumlah pihak, seperti BPIP, Telkomsel, kitabisa.com, Gojek, serta KADIN Indonesia. Uang yang terkumpul, akan diberikan pada kelompok orang yang paling terdampak Corona.
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan sambutan pada acara acarapeluncuran Program MPR RI Peduli Lawan Covid-19 di Gedung DPR, Selasa (14/4/2020). Bisnis.com/John Andhi Oktaveri
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan sambutan pada acara acarapeluncuran Program MPR RI Peduli Lawan Covid-19 di Gedung DPR, Selasa (14/4/2020). Bisnis.com/John Andhi Oktaveri

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) hari ini meluncurkan aksi penggalangan donasi sebagai bagian dari rangkaian program 'MPR RI Peduli Lawan Covid-19' bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Telkomsel, kitabisa.com, Gojek, serta KADIN Indonesia.

Dalam sambutannya, Bamsoet mengatakan bahwa program tersebut bertujuan untuk menggerakan semangat gotong royong warga negara dalam membantu sesama. Sekaligus bersama pemerintah membangun jaring pengaman sosial (social safety net) dalam menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19).

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah berdampak luas kepada banyak kelompok masyarakat, tidak hanya dari aspek kesehatan masyarakat, tetapi juga dari aspek ekonomi dan sosial. Kebijakan yang diberlakukan dalam meredam persebaran pandemi Covid-19 di DKI Jakarta melalui penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), menurutnya, juga menyisakan persoalan tersendiri.

“Dalam situasi penuh kesulitan inilah, MPR RI menggelorakan semangat gotong royong Pancasila kepada setiap warga negara untuk saling mengeratkan tangan memberikan donasi guna membantu sesama," ujar Bamsoet dalam peluncuran aksi galang donasi, di Loby Gedung Nusantara III MPR, Selasa (14/4).

Acara peluncuran dikemas sesuai protokol kesehatan, mengingat DKI Jakarta sedang diberlakukan PSBB. Turut hadir antara lain Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Jazilul Fawaid dan Arsul Sani, Anggota DPR Ali Taher, Masinton Pasaribu, Taufik Basari, Syaifullah Tamliha, Aliyah serta Sadarestuwati dan CEO Kitabisa.

Sedangkan hadir melalui video conference Wakil Ketua MPR Lestari Moerdiyat, Syarifuddin Hasan, Hidayat Nur Wahid, Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachir, dan CO CEO Gojek, Andre Soelistyo.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menjelaskan, dengan mengakses *811# melalui provider Telkomsel, pelanggan pasca maupun pra bayar Telkomsel bisa menyumbangkan pulsanya dari mulai Rp5.000 hingga Rp25.000.

Sedangkan dari fitur go-give maupun langsung ke halaman website kitabisa.com/campaign/mprripeduli, masyakat bisa menyumbangkan sebagian rezekinya melalui transfer bank maupun berbagai penyedia layanan financial technology.

"Target penggalangan donasi diharapkan pada 30 April nanti bisa mencapai sesuai yang diharapkan. Selanjutnya tahap awal akan disalurkan kepada para mitra yang berada dalam ekosistem Gojek untuk membantu meringankan beban biaya harian mereka. Sehingga keluarga mereka tetap bisa bertahan ditengah pandemi Covid-19," tandas Bamsoet.

Mantan Ketua DPR itu menambahkan, hingga hari Senin (13/4), jumlah pasien positif Corona di seluruh dunia sudah mencapai 1.851.531. Dari jumlah tersebut sebanyak 114.290 meninggal dunia dan 434.793 orang berhasil sembuh. Di Indonesia jumlah kasus bertambah 316 orang menjadi 4.557 orang positif Corona, di mana 339 orang meninggal dan 380 jiwa dinyatakan sembuh


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Andya Dhyaksa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper