Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suara Dentuman Keras Terdengar dari Tangerang Hingga Bogor, Kaca dan Pintu Bergetar

Suara dentuman terus terdengar mulai dari Jumat (10/4/2020) malam hingga Sabtu (11/4/2020) dini hari di sejumlah wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang. 
Ilustrasi/Dreamstime
Ilustrasi/Dreamstime

Bisnis.com, JAKARTA - Suara dentuman terus terdengar mulai dari Jumat (10/4/2020) malam hingga Sabtu (11/4/2020) dini hari di sejumlah wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang. 

Diduga suara dentuman ini berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau yang meletus mulai dari Jumat (10/4) malam pada pukul 22.00 WIB.

Dentuman tersebut bahkan bisa membuat rumah bergetar. "Beberapa kali ada suara dentuman. Kaca sama pintu rumah bergetar. Saya langsung tarik anak keluar takut kenapa-kenapa," ujar Riyan di daerah Cipadu, Tangerang.

Suara dentuman keras ini juga jadi perbincangan di dunia maya. Di Twitter, topic Dentuman menempati peringkat kedua trending topic.

"Suara apa itu td? Skrg perlahan mulai ilang," tanya pembawa acara Tonight Show, Deddy Mahendra Desta di akun twitternya @desta80s.

Berdasarkan pantauan CCTV di laman resmi Magma, Kementerian ESDM pada Sabtu (11/4/2020) pukul 01.49 WIB, terlihat kepulan asap dan semburan material keluar dari puncak Gunung Anak Krakatau. Letusan ini berawal pada 21.58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekira 200 meter di atas puncak atau 357 meter di atas permukaan laut. 

Letusan terakhir terjadi pada 18 Maret 2020 dengan tinggi kolom erupsi 300 meter di atas puncak. Saat itu, gunung masih terlihat jelas. Namun, asap kawah tak teramati dan cuaca cenderung dinamis dari cerah hingga mendung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper