Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Keamanan Dibobol, Singapura Larang Zoom untuk Kegiatan Belajar di Rumah

Kementerian Pendidikan Singapura saat ini sedang melakukan investigasi pembobolan oleh hacker tersebut.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 10 April 2020  |  22:27 WIB
Aplikasi video conference yang kini banyak digunakan pada periode Work From Home (WFH) - blog.zoom.us
Aplikasi video conference yang kini banyak digunakan pada periode Work From Home (WFH) - blog.zoom.us

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Singapura menghentikan pengunaan aplikasi Zoom untuk kegiatan belajar dari rumah setelah muncul laporan mengenai hacker yang membobol beberapa sesi pembelajaran dan memposting gambar tak senonoh.

"Itu merupakan insiden yang sangat serius," kata Aaron Loh, Direktur Divisi Teknologi di Kementerian Pendidikan Singapura melalui surat elektronik, seperti dilansir dari Bloomberg, Jumat (10/4/2020).

Dia mengatakan pihak kementerian saat ini sedang melakukan investigasi pembobolan oleh hacker tersebut dan berencana mengajukan laporan ke pihak kepolisian.

The Straits Times melaporkan aksi tersebut terjadi ketika pihak tidak bertanggung jawab membobol beberapa modul e-learning dan menampilkan gambar yang tidak layak pada sesi pembelajaran.

Sementara itu, CEO Zoom Eric Yuan mengatakan pada minggu ini pihaknya fokus untuk memperbaiki aspek keamanan pada aplikasinya untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat kembali, setelah terjadi kebocoran di masalah privasi.

Pada Rabu pekan ini, Pemerintah Taiwan juga melakukan pelarangan penggunaan Zoom untuk komunikasi serta rapat secara virtual, menyusul Tesla Inc. SpaceX dan juga Departemen Pendidikan di New York.

"Kami baru-baru ini mengubah pengaturan standar untuk siswa pengguna yang tergabung dalam program K-12 dan menjamin hanya para guru yang bisa membagi konten di dalam kelas," kata salah satu juru bicara Zoom.

Perusahaan Zoom Video Communications Inc. juga menambahkan icon baru Security dalam toolbar aplikasi untuk semua pengguna, yang memberikan akses lebih cepat untuk fitur keamanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Zoom Video Communications singapura videostreaming

Sumber : Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top