Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Perkembangan Penelitian Vaksin Covid-19 di Lembaga Eijkman

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman tengah mengembangkan penelitian terkait vaksin Covid-19.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 09 April 2020  |  14:27 WIB
Ilustrasi-Petugas medis bersiap memeriksa masyarakat di Michigan Health Professionals Covid-19 melalui fasilitas pengujian di Millennium Medical Group di Farmington Hills, Michigan, Amerika Serikat, Selasa (7/4/2020). - Bloomberg/Emily Elconin
Ilustrasi-Petugas medis bersiap memeriksa masyarakat di Michigan Health Professionals Covid-19 melalui fasilitas pengujian di Millennium Medical Group di Farmington Hills, Michigan, Amerika Serikat, Selasa (7/4/2020). - Bloomberg/Emily Elconin

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Biologi Molekuler Eijkman tengah mengembangkan penelitian terkait vaksin Covid-19. Kepala Eijkman Amin Soebandrio mengatakan saat ini pihaknya tengah mengidentifikasi sejumlah bagian dari virus untuk kemudian membuat antigen.

“Tahapannya masih awal, kita sedang meneliti proses sequence dan sebagainya untuk kemudian membuat antigen dari Covid-19,” kata Amin melalui sambungan telepon kepada Bisnis, Kamis (9/4/2020).

Kendati demikian, ia enggan berkomentar lebih jauh ihwal perkembangan penelitian vaksin terkait Covid-19. Ia menyebutkan belum ada kemajuan signifikan yang dapat disampaikan kepada masyarakat.

Sebelumnya, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman tengah berupaya meningkatkan kapasitas pemeriksaan spesimen virus corona SARS-CoV-2 dengan mendatangkan sistem robotik ekstrasksi RNA Qiagen.

Ihwal ekstraksi RNA, Amin menerangkan bahwa kegiatan tersebut menjadi tahapan krusial dan berpotensi menularkan virus Corona kepada peneliti. Meski begitu, Amin berharap sistem robotik tersebut dapat mengurangi kontaminasi dan mempersingkat waktu penelitian.

“Dalam beberapa hari ini sudah diserahkan ke kami, Minggu depan sudah bisa dipakai untuk mempercepat proses ekstraksi RNA,” kata Amin.

Amin mengatakan ketersediaan sistem robotik itu bakal dapat membantu mempercepat penelitian vaksin Covid-19. Dengan sistem robotik, Laboratorium Bio Safety Level (BSL) 3 bakal dapat digunakan untuk membantu penelitian vaksin Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

eijkman Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top