Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengumuman Hasil SNMPTN: Calon Mahasiswa yang Lolos, Daftar Ulang Secara Online

Wabah Covid-19 membuat calon mahasiswa yang dinyatakan lolos SNMPTN harus melakukan pendaftaran secara online. Hal ini berbeda dengan kebiasaan sebelumnya, saat calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos sudah bisa melihat kampus yang mereka pilih secara langsung sambil daftar ulang.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 08 April 2020  |  12:59 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wabah Covid-19 membuat calon mahasiswa yang dinyatakan lolos SNMPTN harus melakukan pendaftaran secara online.

Hal itu berbeda dengan kebiasaan sebelumnya, saat calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos sudah bisa melihat kampus yang mereka pilih secara langsung sambil daftar ulang.

Paling tidak, hal itu berlaku bagi calon mahasiswa Universitas Padjadjaran.

"Iya untuk sekarang, karena wabah Covid ini, semua proses pendaftaran dilakukan secara daring," ujar Dandi Supriadi, Kepala Komunikasi Publik Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Jawa Barat.

Menurut Dandi, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus akan diberi tautan untuk melakukan proses pendaftaran, "mereka bisa upload semua dokumen di situ."

Terkait waktu pendaftaran, yang semula direncanakan berlangsung sejak 13 April sampai 30 April, Dandi memberikan kabar terbaru.

"Update terbaru, calon mahasiswa melengkapi biodata dan mengunggah dokumen yang tersedia di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ mulai tanggal 13 sampai dengan 24 April 2020 pukul 17.00 WIB," papar Dandi.

Seperti diberitakan sebelumnya, calon mahasiswa yang lolos SNMPTN tidak bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN.

Dengan begitu, diperkirakan jumlah calon mahasiswa mendaftar ulang ke masing-masing perguruan tinggi setelah dinyatakan lolos SNMPTN akan tinggi.

Menurut Dandi, untuk jalur seleksi calon mahasiswa melalui SNMPTN, Unpad mengalokasi 1.342. Para calon mahasiswa ini terdistribudi ke semua program studi yang ada, kecuali kelas internasional dan kelas Garut.

Dandi menyebutkan dari alokasi yang ada, diharapkan semuanya mendaftar.

Terlebih, ujarnya, daya tampung yang ditentukan sudah dihitung secara cermat.

"Aturan sekarang, kalau yang sudah lulus SN [MPTN] sudah tidak mungkin ikut SB [MPTN], jadi kemungkinan daftar ulangnya diharapkan lebih tinggi dari tahun kemarin," ujar Dandi.

Hal itu berbeda dengan kasus di masa lalu, "Ada yang ga daftar ulang SN karena pengen ikutan SB," ujar Dandi memberi contoh.

Siang ini mulai pukul 13.00 hasil Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri diumumkan secara serempak.

"Unpad menyediakan kuota untuk SNMPTN sebesar 20 persen dari keseluruhan kuota penerimaan mahasiswa baru. Untuk tahun ini, Unpad punya angka 1342 kursi," ujar Dandi.

Untuk diketahui pengumuman hasil SNMPTN 2020 akan disampaikan siang ini mulai pukul 13.00 WIB melalui portal resmi LTMPT yakni di ltmpt.ac.id.

Selain portal resmi tersebut, ada 12 website lainnya yang merupakan masing-masing alamat wesbite perguruan tinggi penyelenggara SNMPTN 2020. Demikian menurut data LTMPT.

Pengumuman hari ini merupakan pengunduran dari jadwal sebelumnya yang dijadwalkan pada 4 April 2020.

Menurut LTMPT alasan diundur pengumuman tersebut karena pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang masih berlangsung hingga 31 Maret 2020.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa penundaan dikarenakan ada penyesuaian terhadap rangkaian jadwal pendaftaran peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Seperti, Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah.

Berikut daftar website pengumuman SNMPTN 2020

http://snmptn.ui.ac.id

http://snmptn.ugm.ac.id

http://snmptn.undip.ac.id

http://snmptn.unair.ac.id

http://snmptn.unsri.ac.id

http://snmptn.untan.ac.id

http://snmptn.itb.ac.id

http://snmptn.its.ac.id

http://snmptn.ipb.ac.id

http://snmptn.unand.ac.id

http://snmptn.unhas.ac.id

http://snmptn.unsyiah.ac.id

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

SNMPTN unpad
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top