Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Covid-19, Sebanyak 679.000 APD Disalurkan ke Sejumlah Provinsi

Yuri mengatakan langkah itu diambil sebagai upaya pemerintah untuk melindungi tenaga medis yang saat ini tengah merawat pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit yang ditunjuk.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 08 April 2020  |  16:28 WIB
Cegah Covid-19, Sebanyak 679.000 APD Disalurkan ke Sejumlah Provinsi
Pelaku UMKM V-RA Collection, Lailatul Istiqomah menunjukkan baju alat pelindung diri (APD) di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (29/3/2020). Dinas Perdagangan Kota Surabaya mengerahkan sekitar 20 UMKM untuk membuat baju APD berbahan kain gore-tex yang akan didistribusikan oleh Dinas Kesehatan ke seluruh rumah sakit yang menangani COVID-19. ANTARA FOTO - Moch Asim
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan hingga saat ini sudah lebih dari 679.000  alat pelindung diri (APD) telah tersalurkan ke sejumlah provinsi di Indonesia.

Yuri mengatakan langkah itu diambil sebagai upaya pemerintah untuk melindungi tenaga medis yang saat ini tengah merawat pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit yang ditunjuk.

“Sementara itu, stok masih tersisa lebih dari 500 ribu,” kata Yuri saat memberi keterangan pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, pada Rabu (8/4/2020).

Ia mengimbuhkan 200 ribu APD akan segera disalurkan ke sejumlah provinsi. Diantaranya, ia menuturkan hari ini sudah ada pengiriman ke sejumlah provinsi di Pulau Sumatra.

“Kita berharap ini akan membantu para petugas kesehatan agar bisa lebih profesional, aman dan tenang saat memberikan layanan,” tuturnya.

Pemerintah mulai melakukan distribusi alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis dalam menanggulangi  Covid-19 sebanyak 2 juta paket pada pekan ini.

Distribusi kali ini menjadi bagian dari target produksi 18 juta APD sepanjang April.

Direktur Jendeal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) Kemenperin Muhammad Khayam mengatakan pekan selanjutnya, pemerintah dan industri komitmen akan mulai mendistribusikan 3 juta paket APD pada BNPB untuk selanjutnya disalurkan pada layanan kesehatan dan tenaga medis.

"Dalam kondisi ini jika kita hanya andalkan impor tentu akan mendapat banyak hambatan. Untuk itu kita lakukan inovasi dan berbagai macam relaksasi perizinan produksi APD agar ketersediaan untuk penanggulangan wabah covid-19 terjamin," katanya dalam pertemuan virtual dengan Komisi IX, Rabu (8/4/2020).

Terkait bahan baku APD, Khayam menyebut pemerintah juga telah mendorong penggunaan bahan baku dalam negeri dibarengi dengan pemberian stimulus kemudahan importasi untuk barang yang harus diperoleh dari negara lain dengan skema pemerinta dengan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona alat pelindung diri
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top