Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jika Semua Kompak, Penanganan Virus Corona Bisa Cepat Selesai

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid memiliki keyakinan wabah virus Corona di Indonesia bisa diselesaikan. Hal itu dapat terjadi jika semua masyarakat kompak dan mengikuti satu komando untuk tidak keluar rumah.
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid/Instagram
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid/Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid memiliki keyakinan wabah virus Corona di Indonesia bisa diselesaikan. Hal itu dapat terjadi jika semua masyarakat kompak dan mengikuti satu komando untuk tidak keluar rumah.

"Katakanlah dalam 2 hari kita semua tidak keluar rumah, tidak berinteraksi dengan orang lain, virus itu pun bisa mati," begitu Hilmar Farid memberikan perumpamaan dalam video conference di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Perumpamaan tersebut tidak terlepas dari kenyataan bahwa virus Corona membutuhkan inang untuk tetap bertahan hidup. Sejauh ini, inang yang menjadi tempat hidupnya virus Corona adalah manusia.

Terkait masa bertahan atau masa hidup Corona, kalangan terkait memberikan beberapa kriteria. Disebutkan bahwa virus ini bisa bertahan jika menempel di permukaan plastik atau baja. Ada pula yang menyebutkan virus bisa bertahan di dalam ruangan berpengatur udara atau AC.

Terkait upaya menghentikan sebaran virus Corona, Hilmar Farid menyebutkan hasilnya menjadi lain jika masyarakat Indonesia tidak bisa menahan diri. "Virus akan terus berputar," ujarnya menyebut siklus peredaran virus Corona yang akan terjadi jika masyarakat tidak menahan diri untuk tidak keluar rumah.

Sementara itu, terkait upaya mendukung pekerja seni dan budaya agar bisa terus bertahan, Ditjen Kebudayaan sedang melakukan pendataan. Pekerja seni yang sudah berkeluar dan berpenghasilan di bawah Rp10 juta, tidak punya pekerjaan lain di luar kesenian, sudah berumah tangga, dan belum mendapat program kartu pra-kerja akan diintegrasikan ke dalam program PKH.

Mereka yang mendaftar diminta menyertakan bukti karya yg pernah dibuat entah itu foto, lukisan, atau karya nlainnya.

Selanjutnya, untuk pekerja seni yang berpenghasilan di bawah Rp10 juta perbulan, belum berkeluarga, tidak punya pekerjaan selain di bidang seni, dan belum mendapatkan program bantuan pemerintah akan diikutkan dalam program kartu pra-kerja.

Sejauh ini, program pendataan terus berjalan. Pendaftar harus menyertakan nomor induk keluarga (NIK) untuk validasi. Pendataan untuk tahap pertama akan ditutup pada Rabu dinihari. Pendaftaran bagi pekerja seni lainnya masih dibukan untuk program bantuan tahap atau gelombang berikutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper