Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketika Lippo Mengubah Mall Jadi Rumah Sakit Covid-19

Lippo Group mengubah salah satu properti miliknya berupa pusat perbelanjaan untuk dijadikan sebagai rumah sakit darurat yang menangani pasien Covid-19.
Suasana di dalam RS Darurat yang dibangun Lippo Group untuk menangani pasien Covid-19. Lippo Group mengubah pusat perbelanjaan di kawasan Mampang, Jakarta Selatan menjadi RS Darurat/Bisnis-Istimewa.
Suasana di dalam RS Darurat yang dibangun Lippo Group untuk menangani pasien Covid-19. Lippo Group mengubah pusat perbelanjaan di kawasan Mampang, Jakarta Selatan menjadi RS Darurat/Bisnis-Istimewa.

“Banyak yang tanya apa ini bener? Iya Papa [James Riady] sama @carolineriady mengganti mall menjadi rumah sakit. Yup, they did. Ini untuk menyelamatkan kehidupan. Mall bisa dibangun lagi, tetapi nyawa tak bisa tergantikan,”  tulis Henry Riady di akun instagramnya.

Cuitan Henry Riady – putra bungsu James Riady, pemilik raksasa bisnis Lippo — dalam Instagram Story beredar luas pada Selasa malam (31/3/2020). Informasi tersebut kemudian tersebar di berbagai platform percakapan digital termasuk whatsapp.

Caroline yang dimaksud dalam cuitan tersebut adalah kakak sulung Henry, orang yang kini dipercaya keluarga untuk mengelola bisnis jaringan rumah sakit Siloam.

Henry membagikan gambar bangunan Lippo Plaza Mampang, di Jakarta Selatan yang sedang dibongkar untuk diubah menjadi rumah sakit darurat dan tempat isolasi penderita Covid-19. Dia juga menunjukkan progress pembangunan penampungan sementara untuk para perawat dan dokter bangunan utama rumah sakit.

Upaya yang dilakukan Lippo Group ini jelas menunjukkan betapa gawatnya wabah Covid-19 bagi kehidupan. Konversi mall menjadi rumah sakit darurat Covid-19 mungkin yang pertama, setelah pemerintah sebelumnya mengubah Wisma Atlet Asian Games 2018 di Kemayoran menjadi rumah sakit darurat untuk menghadapi wabah yang telah melanda lebih dari 200 negara tersebut.

Bisnis, hari ini, Rabu (1/4/2020) secara khusus menghubungi Caroline untuk mengetahui lebih jauh mengenai rencana jaringan rumah sakit Siloam untuk bahu membahu dengan semua pihak menghadapi wabah. 

“Ini sebenarnya hasil dorongan Pak James yang melihat kebutuhan makin membludak dalam dua bulan ke depan. Jadilah mall menjadi ruang emergency, [dibangun] dalam dua minggu,” ujar Caroline. 

Menurutnya, Lippo Plaza Mampang akan memiliki kapasitas 415 tempat tidur, tetapi untuk tahap awal akan dibuka dulu 180 tempat tidur. Rumah sakit darurat ini akan memanfaatkan tenaga medis dari jaringan rumah sakit Siloam. Kebetulan tak jauh dari mall itu, beroperasi Siloam Hospitals Asri.

Caroline mengatakan, pada Selasa (31/3/2020) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Pejabat Dinkes Kesehatan DKI Jakarta juga telah melakukan kunjungan ke rumah sakit tersebut. 

“Tadinya hari ini saya mau suruh buka dan terima pasien, tetapi ternyata sirkulasi udara ada yang perlu diperbaiki. Jadi mungkin nunggu beberapa hari lagi.” 

Jaringan Siloam Hospitals rencananya akan mendedikasikan beberapa rumah sakit khusus untuk melayani para penderita Covid 19. Selain di Mampang, mereka juga melakukannya di RS Siloam yang berlokasi di Kelapa Dua, Tangerang.

Ketika Lippo Mengubah Mall Jadi Rumah Sakit Covid-19

Petugas Medis yang bertugas menangani pasien Covid-19 di RS Siloam Kelapa Dua, Tangerang/Bisnis-Istimewa.

Siloam, tutur Caroline juga memberikan tunjangan gaji tambahan untuk para petugas kesehatan karena mempertaruhkan keamanan diri di garis terdepan untuk menangani wabah Corona.

Adapun, rumah sakit lainnya memang tidak secara khusus untuk menampung pasien Covid-19. Namun, disediakan sekitar lima hingga 30 tempat tidur untuk pasien Covid-19. 

“Karena kenyataannya sulit untuk merujuk dan kapasitas di Indonesia sangat kurang,” ucap Caroline.

Caroline menambahkan bahwa untuk menjadi rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena petugas medis harus dilengkapi alat pelindung diri (APD) agar tidak tertular, dan pemeriksaan swab untuk mendeteksi tertular atau tidak para tenaga medis yang kontak langsung dengan pasien terduga Covid-19. 

Langkah Siloam membuka rumah sakit darurat Covid 19 ini tentu layak diapresiasi. Demikian juga dengan jaringan rumah sakit lain seperti Mitra Keluarga dan Hermina yang melakukan hal serupa. Covid-19, harus dihadapi dengan cara yang luar biasa.

Sementara itu, salah seorang penghuni apartemen Nine Residence Bobby Soebandriyo menyatakan hingga saat ini pihak penghuni apartemen belum menerima pemberitahuan terkait alih fungsi dari mall menjadi RS Darurat yang akan menangani pasien Covid-19. Padahal mall yang akan difungsikan sebagai RS Darurat itu terintegrasi dengan apartemen Nine Residence.

"Bagaimana nasib penghuni yang tinggal di apartemen tersebut? kami dari penghuni sudah berembuk untuk menghadapi hal ini mengingat risikonya sangat besar dengan menggabungkan apartemen berpenghuni dengan RS pasien Covid-19. Di mana penghuni kami banyak anak kecil dan lansia yang memiliki risiko tertular tinggi," ungkap Bobby.

Menanggapi hal tersebut, Caroline menyatakan pihaknya memang tengah melakukan pembahasan mengenai mitigasi risiko dari pengoperasian RS Darurat tersebut terhadap area di sekitarnya, termasuk kawasan hunian.

"Hal itu sedang kami bahas, tentunya ventilasi dan entrance semua berbeda. Hanya fisiknya menumpuk satu di atas yang lain," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hery Trianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper