Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wapres: Lockdown Tidak Perlu, Asal Disiplin Jaga Jarak

Langkah lockdown hingga saat ini belum ada di benak pemerintah. Menurut Wapres, asal disiplin menjaga jarak, wabah virus Corona di Indonesia bisa diatasi.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  17:30 WIB
PT Angkasa Pura I (Persero) menerapkan social distancing di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar. - Dok. Istimewa
PT Angkasa Pura I (Persero) menerapkan social distancing di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai lockdown tidak perlu dilakukan, asalkan masyarakat disiplin menerapkan jaga jarak fisik atau physical distancing.

Hal itu disampaikan saat tanya jawab melalui video conference pada Kamis (26/3/2020). Dia menegaskan bahwa pemerintah tidak akan menerapkan lockdown.

“Kita tidak akan menerapkan lockdown tetapi social distancing atau physical distancing. Alasannya karena sebenarnya soal mencegah penyebaran ini bukan soal lockdown, tapi yang penting adalah menerapkan disiplin,” ujarnya.

Dia kembali mengingatkan bagi pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah, pegawai kantor diminta untuk tetap mengerjakannya di rumah.

Adapun bagi pekerjaan yang tidak bisa dilakukan di rumah, misalnya harus datang ke kantor atau pabrik, manajemen perusahaan perlu menerapkan protokol kesehatan supaya bisa memenuhi aturan physical distancing.

“Yang kita lakukan sekarang yaitu bagaimana menerapkan disiplin masyarakat untuk mematuhi seruan itu,” katanya.

Pemerintah Indonesia sudah mulai melakukan pendisiplinan berupa pendekatan kesehatan, seperti edukasi, operasi keamanan dengan membubarkan setiap kerumunan, dan juga pendekatan keagamaan. Hal yang sama juga berlaku di tingkat daerah.

“Kemudian juga membatasi orang bergerak keluar masuk Jakarta bagian daripada meningkatkan disiplin, penerapan physical distancing,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona social distancing
Editor : Andya Dhyaksa
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top