Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kurangi Dampak Corona, Bamsoet: Gratiskan Pemeriksaan dan Permudah Akses Internet

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah menggratiskan pemeriksaan pasien yang diduga terpapar virus Corona selain membrikan kemudahan akses internet guna memperkecil dampak virus wabah mematikan tersebut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 16 Maret 2020  |  17:37 WIB
Ilustrasi: Ketua MPR Bambang Soesatyo menaiki mobil dinas. - ANTARA/Elang Senja
Ilustrasi: Ketua MPR Bambang Soesatyo menaiki mobil dinas. - ANTARA/Elang Senja

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah menggratiskan pemeriksaan pasien yang diduga terpapar virus Corona selain membrikan kemudahan akses internet guna memperkecil dampak virus wabah mematikan tersebut.

Menurutnya, perlunya pemerintah memberikan layanan pemeriksaan gratis bagi suspect virus Corona adalah karena pemeriksaan tersebut harus dilakukan secara massal dan masif. Selain itu pemeriksaan juga harus menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

MPR juga mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah dan berada di kerumunan orang banyak untuk sementara waktu apabila aktifitas atau kegiatan yang dilakukan tidak terlalu mendesak, ujarnya. Bamsoet mengingatkan agar warga tidak perlu panik berlebihan namun lebih ke peningkatan waspada dan menjaga kesehatan masing-masing.

Sehubungan dengan kebijakan pemerintah agar sebagian aparatur sipil negara (ASN), warga dan pelajar beraktivitas secara daring dari rumah, Bamsoet meminta adanya kesetaraan akses internet.

“MPR mengimbau pemerintah untuk dapat memberikan kesetaraan akses internet, dengan mencakup kesetaraan dalam kecepatan dan harga, terutama di daerah yang saat ini diketahui telah terdampak,” katanya, Senin (16/3/2020).

Pada bagian lain Bamsoet juga mengimbau pemerintah untuk mempertimbangkan pemberian fasilitas-fasilitas tertentu untuk memudahkan masyarakat, seperti penguatan bandwidth. Begitu juga dengan pemberian fasilitas wifi gratis maupun insentif guna mendukung dan memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan publik untuk beraktivitas dari rumah setiap harinya.

“MPR mengimbau pemerintah agar segera melakukan pembicaraan antara penyedia layanan internet dan operator telekomunikasi untuk merumuskan skema biaya penggunaan internet guna memenuhi kepentingan masyarakat dalam menjalankan aktivitas kerja maupun belajar dari rumah,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top