Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kurangi Dampak Corona, Bamsoet: Gratiskan Pemeriksaan dan Permudah Akses Internet

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah menggratiskan pemeriksaan pasien yang diduga terpapar virus Corona selain membrikan kemudahan akses internet guna memperkecil dampak virus wabah mematikan tersebut.
Ilustrasi: Ketua MPR  Bambang Soesatyo menaiki mobil dinas./ANTARA-Elang Senja
Ilustrasi: Ketua MPR Bambang Soesatyo menaiki mobil dinas./ANTARA-Elang Senja

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah menggratiskan pemeriksaan pasien yang diduga terpapar virus Corona selain membrikan kemudahan akses internet guna memperkecil dampak virus wabah mematikan tersebut.

Menurutnya, perlunya pemerintah memberikan layanan pemeriksaan gratis bagi suspect virus Corona adalah karena pemeriksaan tersebut harus dilakukan secara massal dan masif. Selain itu pemeriksaan juga harus menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

MPR juga mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah dan berada di kerumunan orang banyak untuk sementara waktu apabila aktifitas atau kegiatan yang dilakukan tidak terlalu mendesak, ujarnya. Bamsoet mengingatkan agar warga tidak perlu panik berlebihan namun lebih ke peningkatan waspada dan menjaga kesehatan masing-masing.

Sehubungan dengan kebijakan pemerintah agar sebagian aparatur sipil negara (ASN), warga dan pelajar beraktivitas secara daring dari rumah, Bamsoet meminta adanya kesetaraan akses internet.

“MPR mengimbau pemerintah untuk dapat memberikan kesetaraan akses internet, dengan mencakup kesetaraan dalam kecepatan dan harga, terutama di daerah yang saat ini diketahui telah terdampak,” katanya, Senin (16/3/2020).

Pada bagian lain Bamsoet juga mengimbau pemerintah untuk mempertimbangkan pemberian fasilitas-fasilitas tertentu untuk memudahkan masyarakat, seperti penguatan bandwidth. Begitu juga dengan pemberian fasilitas wifi gratis maupun insentif guna mendukung dan memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan publik untuk beraktivitas dari rumah setiap harinya.

“MPR mengimbau pemerintah agar segera melakukan pembicaraan antara penyedia layanan internet dan operator telekomunikasi untuk merumuskan skema biaya penggunaan internet guna memenuhi kepentingan masyarakat dalam menjalankan aktivitas kerja maupun belajar dari rumah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper